Pemerintah Kota Banda Aceh berhasil meraih juara nasional lomba inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) 2021 berupa mesin pres jerami horizontal portabel yang diciptakan oleh Hendra Saputra dan Nurwahid dari Posyantek Kecamatan Banda Raya. 

Penghargaan diberikan langsung Kemendes PDTT Abdul Halim Iskandar kepada Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman di Jakrata, Selasa.

“Alhamdulillah, setelah mendapat juara satu tingkat Provinsi Aceh dan diikutkan pada lomba inovasi TTG tingkat nasional kita mendapat juara," kata Wali Kota Aminullah Usman, di Banda Aceh, Rabu. 

Aminullah menyampaikan, adapun inovasi Banda Aceh yang mendapatkan juara perlombaan TTG tahun ini adalah mesin pres jerami horizontal portabel, diciptakan oleh Hendra Saputra dan Nurwahid dari posyantek Kecamatan Banda Raya kota setempat. 

"Jadi Banda Aceh mendapatkan peringkat empat tingkat nasional, dari 514 kabupaten/kota se-Indonesia,” ujarnya.

Aminullah mengatakan, prestasi tersebut dapat memberikan memotivasi terhadap pemerintah untuk terus berbuat yang terbaik dan membantu masyarakat di wilayahnya. 

Kata Aminullah, Banda Aceh bukan sebuah daerah dengan sentra produksi padi, karena memang tidak memiliki lahan persawahan seperti wilayah lainnya. 

Namun, mesin pres jerami horizontal portabel tersebut dapat digunakan untuk mengolah jerami dari daerah lain, kemudian dipasarkan melalui Banda Aceh sebagai kota pusat jasa dan perdagangan.

Dalam kesempatan ini, Aminullah juga mengapresiasi khusus kepada Hendra Saputra dan Nurwahid beserta tim yang telah menciptakan alat yang sangat berguna bagi para petani tersebut. 

“Penghargaan atas inovasi ini merupakan persembahan Hendra dan kawan-kawan untuk membawa nama baik Banda Aceh di kancah nasional,” demikian Aminullah Usman.
 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021