Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan mengembangkan sentra industri pala yang akan meningkatkan pendapatan petani di kabupaten penghasil pala di Provinsi Aceh tersebut.

Bupati Aceh Selatan Tgk Amran di Aceh Selatan, Kamis, mengatakan pihaknya bekerja sama dengan Universitas Teuku Umar, Aceh Barat, mengembangkan sentra industri pala tersebut.

"Industri pala dipusatkan di Kecamatan Meukek. Sebagai daerah penghasil pala, perlu ditingkatkan kualitasnya melalui pengembangan yang mengarah kepada peningkatan mutu penyulingan dan pemurnian minyak," kata Tgk Amran. 

Selain penyulingan dan pemurnian minyak pala, kata Bupati Aceh Selatan, sentra industri tersebut juga akan mengembangkan produk makanan dan minuman dari olahan daging buah pala.

Menurut Tgk Amran, pengembangan sentra industri pala tersebut sesuai amanat UU Nomor 3 Tahun 2014 tentang perindustrian. Undang-undang tersebut mengamanatkan pemerintah daerah mempercepat penyebaran dan pemerataan pembangunan industri ke seluruh wilayah.

"Kami berharap dengan adanya pengembangan sentra industri kecil menengah komoditas pala tersebut memberi dampak positif terhadap peningkatan ekonomi masyarakat," kata Tgk Amran.

Rektor Universitas Teuku Umar Prof Jasman J Maruf mengatakan pengembangan sentra industri pala di Kabupaten Aceh Selatan tersebut merupakan bentuk dukungan perguruan tinggi terhadap kemajuan suatu daerah.

"Pengembangan ini bentuk nyata dukungan dalam menciptakan kolaborasi dan sinergi strategis antara insan pendidikan tinggi dengan pihak industri dan pemerintah daerah," kata Prof Jasman.
 

Pewarta: Ilhami Syahputra

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021