Sebanyak 11 siswa madrasah yang berhasil menjadi juara satu dalam Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2021 tingkat Provinsi Aceh, akan mewakili Aceh dalam ajang KSM nasional yang akan berlangsung Oktober mendatang.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh Iqbal, Sabtu, menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta perwakilan kabupaten/kota di Provinsi Aceh yang   berhasil mencatatkan namanya sebagai juara dalam ajang bergengsi itu.

"Alhamdulillah pelaksanaan KSM tingkat provinsi telah usai, saatnya para peserta mempersiapkan diri untuk KSM nasional yang akan dilaksanakan pada akhir Oktober mendatang," kata Iqbal di Banda Aceh.

Iqbal mengatakan KSM merupakan ajang bergengsi bagi siswa madrasah dan sekolah di Indonesia. Para siswa bersaing dari tingkat kabupaten/kota dan tingkat provinsi, serta kemudian juara pertama pada setiap bidang akan mewakili provinsi masing-masing ke KSM nasional yang akan digelar secara daring pada 23-24 Oktober 2021.

“Pengumuman di laman KSM.Kemenag.go.id hari ini mendapatkan hasil 11 orang yang akan mewakili Aceh pada ajang KSM nasiona. Dan mereka juara satu dari masing-masing bidang, katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Aceh Drs Mukhlis MPd mengatakan, jumlah peserta KSM Provinsi Aceh tahun ini berjumlah 744 orang yang terdiri dari 138 orang untuk tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI), 204 peserta tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan 402 peserta tingkat Madrasah Aliyah (MA).

Kata dia, 11 bidang studi yang dilombakan dalam ajang KSM 2021 di antaranya, untuk tingkat MI/SD yakni, Matematika Terintegrasi, dan IPA Terintegrasi. Tingkat MTsN/SMP, seperti Matematika Terintegrasi, IPA Terpadu Terintegrasi, dan IPS Terpadu Terintegrasi.

Kemudian, untuk tingkat MA/SMA meliputu Matematika Terintegrasi, Biologi Terintegrasi, Fisika Terintegrasi, Kimia Terintegrasi, Ekonomi Terintegrasi, dan Geografi Terintegrasi.

"Juara satu setiap bidang akan mewakili Aceh pada KSM Nasional nanti. Kita akan terus lakukan persiapan sehingga target kita untuk masuk tiga besar dalam ajang ini dapat tercapai," katanya.

Ia mengingatkan para pemenang di setiap bidang untuk mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin, kemudian juga membaca kembali aturan pelaksanaan KSM 2021 dengan detail.

"Pihak madrasah juga kami imbau untuk membantu siswanya menjelang KSM nasional. Jangan lupa kartu peserta dan petunjuk pelaksanaan KSM tingkat nasional dapat diunduh pada tanggal 9 Oktober 2021," katanya.
 

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021