Tapaktuan (ANTARA Aceh) - Dalam lanjutan program pengembangan kapasitas lingkunganPendidikan, BNNK Aceh Selatan melalui seksi pemberdayaanmasyarakat, kembali menggelar tes urine terhadap 52 siswa di dua sekolah yakni SMAN 2 Tapaktuan dan SMKN 1 Sawang, Kamis (16/4).

Kasi Dayamas BNNK Aceh Selatan, Nurlina saat di hubungi di Tapaktuan, Kamis mengatakan, kegiatan tes urine tersebut dilakukan sebagai upaya untuk mendeteksi dini penyalahgunaanNarkoba di kalangan pelajar sehingga generasi muda tersebutdapat diselamatkan dari bahaya Narkoba.

“Program tes urine ini akan terus berlanjut ke sekolah-sekolahlainnya dalam Kabupaten Aceh Selatan baik tingkat SLTPmaupun SLTA,” kata Nurlina.

Agar pelaksanaan tes urine itu berjalan sesuai POK (Prosedur Operasional Kegiatan), sambung Nurlina, pihak BNNK Aceh Selatan menggelar tes urine tersebut secara dadakan tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada pihak sekolah.

Sedangkan peserta yang mengikuti tes urine itu di tunjuk atau dipilih langsung oleh pihak sekolah karena pihak sekolah yang memahami dan mengerti siapa-siapa pelajar yang terindikasi telah terlibat penggunaan narkoba.

“Karena pelajar masih  dalam usia rentan menjadi sasaran empukuntuk dijadikan korban peredaran penyalahgunaan narkoba, maka prioritas atau sasaran utama pelaksanaan program kegiatan tes urine ini adalah para pelajar sekolah,” ujar Nurlina.

Dengan telah di gelarnya kegiatan tes urine itu, BNNK Aceh Selatan berharap seluruh pelajar yang ada di Kabupaten Aceh Selatan sehat dan bersih dari pengaruh penyalahgunaanNarkoba sehingga dapat lebih menonjolkan kecerdasan danprestasinya di Sekolah masing-masing.

Pihak sekolah dan dewan Gurupun, merasa sangat senang dapatberperanserta dalam gerakan menciptakan lingkungan sekolahbebas narkoba tersebut. Mereka berharap untuk selanjutnyadapat terus terlibat aktif dalam program-program BNNK Aceh Selatan sebagai upaya untuk mencegah peredaran danpenyalahgunaan Narkoba di kalangan pelajar.

Diakhir kegiatan tes urine itu, Kasie Dayamas BNNK Aceh Selatan, Nurlina mewakili Kepala BNNK  turut menyerahkanpiagam penghargaan kepada Kepala SMAN 2 Tapaktuan danKepala SMKN 1 Sawang atas partisifasinya telah turut serta menciptakan lingkungan Sekolah bebas dari pengaruh narkoba.

Pewarta: Pewarta : Hendrik

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2015