Pulau Sepongebob di Desa Bunon, Kecamatan Teupah Barat, Kabupaten Simeulue, Aceh, kini menjadi andalan pariwisata di kabupaten kepulauan yang berada di Samudera Hindia tersebut.

Kepala Desa Bunon Alinur di Simeulue, Kamis, mengatakan lokasi wisata Pulau Sepongebob yang dikenal masyarakat setempat dengan nama Anudaiyan Balong atau tempat beristirahat bangau

"Kondisinya masih alami, belum ada fasilitas khusus yang dibangun. Pulau ini banyak dikunjungi saat hari libur tersebut tidak jauh dari bibir pantai dan dekat jalan," kata Alinur.

Pulau unik yang mirip dengan pulau animasi dalam serial film Spongebob Squarepants garapan Stephen Hillenburg itu berjarak kurang lebih dua jam perjalanan dari pusat kota Sinabang, ibu kota Simeulue. 

Menurut Alinur, sebelum pandemi COVID-19 melanda dunia termasuk Simeulue, lokasi wisata yang berbatu karang tersebut rencanakan akan dibangun sejumlah fasilitas pendukung. 

"Rencana pembangunan fasilitas gagal karena COVID-19 mewabah. Jika nanti wabah COVID-19 berakhir, pembangunan lokasi wisata Pulau Sepongebob akan diupayakan kembali," kata Alinur.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Simeulue Asmanuddin mengatakan Pulau Sepongebob itu akan dimasukkan dalam rencana induk pengembangan pariwisata daerah Kabupaten Simeulue. 

Menurut Asmanuddin, perencanaan tersebut akan dilakukan dalam tahun 2022 mendatang. Namun, jika dimungkinkan rencana tata ruang untuk pembangunan objek wisata tersebut akan dilakukan pada tahun ini.

"Objek wisata tersebut sedang kita rencanakan untuk dikembangkan, ada beberapa objek wisata lain di Simeulue ini juga yang sedang kita siapkan," jelas Asmanuddin.

Disampaikannya, saat ini pemerintah daerah Simeulue terus berupaya mengembangkan objek wisata di Simeulue. Bukan hanya objek wisata pantai tetapi objek wisata pulau dan laut, serta pegunungan juga akan dilakukan pembangunan.

"Semua objek wisata yang menarik di Simeulue ini akan kita kembangkan," ujar Asmanuddin. 
 

Pewarta: Ade Irwansah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021