Pemerintah Kabupaten Aceh Barat menggandeng kalangan ulama dalam  upaya meningkatkan program vaksinasi COVID-19 di daerah ini.

“Dengan dilibatkannya ulama, maka diharapkan kesadaran masyarakat untuk mengikuti vaksinasi COVID-19 ini semakin meningkat setiap harinya,” kata Bupati Aceh Barat Ramli MS di Meulaboh, Kamis.

Ia mengatakan, pada hakikatnya COVID-19 merupakan takdir yang telah ditetapkan oleh Allah SWT kepada umat manusia. 

Oleh sebab itu, sebagai manusia kita dituntut untuk berusaha dalam mengantisipasi penyebaran virus yang mematikan tersebut ujarnya.

Salah satu bentuk ikhtiar tersebut, kata Ramli MS, adalah dengan penyuntikan vaksin yang bertujuan untuk meningkatkan imun tubuh guna meminimalisir dampak yang ditimbulkan oleh virus COVID-19.

Menurutnya, vaksin COVID-19 sama hal nya dengan vaksin lainnya seperti vaksin folio atau meningitis yang disuntik kepada jamaah calon haji (CJH) atau calon jamaah umrah, yang fungsinya untuk meningkatkan ketahanan tubuh dari segala serangan virus jahat yang menjangkiti tubuh manusia.

“Vaksin itu sehat dan aman karena telah melalui berbagai uji klinis yang dilakukan oleh dokter dan para ahli, tidak mungkin pemerintah memberikan vaksin yang dapat merugikan rakyat,” kata Ramli MS menambahkan.

Untuk itu, ia mengajak kepada seluruh elemen masyarakat termasuk dari kalangan santri dan ulama, agar jangan ragu untuk melakukan vaksinasi karena manfaat vaksin tersebut sangat besar bagi tubuh di tengah pandemi saat ini.

Selain itu, Bupati Ramli MS meminta kepada tenaga kesehatan agar teliti dalam melakukan skrining terhadap calon penerima vaksin COVID-19, guna memastikan apakah seseorang tersebut sehat atau tidak untuk diberi vaksin, katanya menegaskan.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021