Nelayan pukat darat di pantai Desa Sua-Sua, Kecamatan Teupah Tengah, Kabupaten Simeulue, berhasil menangkap 300 ekor ikan jenis kue senilai Rp30 juta lebih.

Wahyudi (35), warga setempat yang melihat proses penangkapan ikan tersebut di Simeulue, Rabu, mengatakan ratusan ekor ikan yang dikenal warga Simeulue dengan nama ikan gabui itu terjaring pukat milik Asdamain (50) warga desa setempat.

Wahyudi mengatakan pukat pantai di desa tersebut hampir setiap hari di pasang. Namun, baru kali ini ada ikan gabui yang masuk hingga ratusan ekor dengan berat rata-rata lebih dari empat kilogram.

"Ikan jenis ini jarang masuk pukat pantai, ini memang sedang rezeki para nelayan tersebut," kata Wahyudi.

Menurutnya, ikan jenis kue atau gabui di Simeulue dijual Rp25 hingga Rp30 ribu per kilogram. 

"Ikan itu jika di jual semua bisa puluhan juta mereka dapat," katanya.

Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Simeulue Carles mengatakan sumber daya laut Pulau Simeulue cukup melimpah. Bukan hanya ikan, jenis sumber daya lain juga banyak di Simeulue, tinggal lagi masyarakat yang harus mengupayakan serta menjaganya. 

"Apa yang ditangkap nelayan tersebut merupakan bukti sumber daya laut Simeulue masih cukup banyak. Mari kita jaga laut Simeulue, sehingga hasil seperti yang didapat nelayan pukat pantai di Desa Sua-Sua itu bisa dinikmati secara terus menerus," kata Carles.
 

Pewarta: Ade Irwansah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021