Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Jaya mencatat hingga saat ini jumlah warga di daerah itu yang telah melakukan vaksinasi COVID-19 mencapai 15.212 orang.

“Alhamdulillah tingkat kesadaran masyarakat untuk vaksinasi COVID-19 terus meningkat seiring masifnya sosialisasi di kalangan masyarakat oleh berbagai pihak,” kata Kasi Imunisasi dan Surveilans, Dinas Kesehatan Aceh Jaya, Cut Nazimah di Calang, Jumat.

Ia menjelaskan meningkatnya minat masyarakat untuk melaksanakan vaksinasi pada setiap gerai yang diselenggarakan berbagai pihak tersebut merupakan bagian dari kerja sama yang dilakukan seluruh lintas sektor termasuk TNI dan Polri guna menyukseskan program vaksinasi.

Menurut dia dalam upaya meningkatkan cakupan vaksinasi pihaknya juga melaksanakan kegiatan dengan turun ke gampong-gampong/desa untuk mensosialisasi kepada masyarakat terhadap pentingnya melaksanakan vaksinasi.

“Saat sosialisasi kami juga ikut dibantu pihak TNI dan Polri serta peran Babinsa dan Babinkamtibmas guna mengajak masyarakat untuk vaksinasi dalam upaya mencegah penyebaran COVID-19,” katanya.

Cut Nazimah menyampaikan untuk vaksinasi lansia memang masih minim di Aceh Jaya yaitu 464 orang yang telah dilakukan vaksinasi dosis pertama.

“Kita tetap berusaha dari keluarga, karena peran keluarga sangat perlu dalam vaksinasi lansia, namun selama ini peran keluarga masih minim,” katanya.

Sedangkan untuk para remaja atau anak sekolah masih terus jalan hingga saat ini bahkan sebagian sekolah juga telah dilakukan vaksinasi, namun karena saat ini anak sekolah masih ulangan sehingga di tunda sementara waktu.

Pihaknya juga terus meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 di Aceh Jaya, termasuk meminta dukungan dari orang tua untuk vaksinasi anak sekolah.

Data Dinas Kesehatan menyebutkan tenaga kesehatan yang telah melakukan vaksinasi tahap I sebanyak 978 orang, tahap II, 1.010 orang, dan tahap III 621 orang, untuk Lansia tahap I sebanyak 464 orang tahap II sebanyak 199 orang.

Selanjutnya publik tahap I sebanyak 4.538 orang, tahap II, 2.983 orang. masyarakat, tahap I, 7.882 orang, II sebanyak 3.766 orang dan remaja tahap I sebanyak 1.350 orang dan tahap II 383 orang.

 

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021