Harga Tandan Buah Segar (TBS)  kelapa sawit di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) tembus Rp2.650/ kg menyusul tingginya permintaan dan minimnya pasokan karena tengah musim treek. 

Salah seorang pengusaha sawit di Kabupaten Abdya,  Muslim Hasan di Blangpidie,  Sabtu,  mengatakan,   Pabrik Minyak Kelapa Sawit (PMKS)  PT Mon Jambe hari ini menampung TBS petani sebesar Rp2.650/kg atau meningkat Rp 24 persen dari bulan lalu. 

Menurutnya  bulan lalu harga TBS Sawit di Kabupaten Abdya ditampung PMKS PT Mon Jambe berkisar Rp2.130 per kilogram secara bertahap-tahap mengalami kenaikan.

" Naiknya harga TBS ini dipicu meningkatnya permintaan Crude Palm Oil (CPO) di pasar sebagai bahan baku untuk industri makanan maupun untuk bio solar. Sementara di sisi lain, pasokan TBS dari kebun-kebun  sawit sedang terjadi penurunan produksi alias trek," ujarnya 

Salah seorang petani sawit di Kecamatan Babahrot,  Abdya, Jasman mengaku bersyukur dengan kenaikan harga TBS sebesar Rp2.650 per kilogram dan harga tersebut menjadi harga tertinggi.

" Alhamdulillah,  kami petani sangat lega dan bersyukur karena setiap kali panen sawit kami bisa membawa pulang uang lebih banyak dari sebelumnya," katanya.

Pewarta: Suprian

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021