Sebanyak 321 desa tersebar di 12 kecamatan di Kabupaten Aceh Barat hingga Oktober 2021 lalu sudah mencairkan dana desa tahap satu dan dua, sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan di desa.

Asisten Administrasi Umum Setdakab Aceh Barat Marwandi di Meulaboh, Senin mengatakan pemerintah daerah kini terus melakukan koordinasi dan kerjasama bersama jajaran aparatur desa, sehingga serapan dana desa di masyarakat dapat tersalurkan sesuai ketentuan pemerintah.

“Untuk dana desa tahap ketiga, baru 27 desa dari total 321 desa di Aceh Barat yang sudah mengajukan administrasi pencairan tahap ketiga,” kata Marwandi saat memberi sambutan di hapan ratusan kepada desa di Aula Bappeda di Meulaboh, Senin.

Ia mengakui, berdasarkan pemantauan yang dilakukan pemerintah daerah, terdapat kenaikan progres penyaluran dana desa di Aceh Barat khususnya dana tahap ketiga.

Padak akhir Oktober 2021 lalu, kata Marwandi, terdapat empat desa sudah melakukan penarikan dana tahap ketiga. Namun pada pekan ini, terdapat 12 desa yang telah menuntaskan pencairan dana desa tahap ketiga.

Sedangkan untuk penyaluran bantuan langsung (BLT) tahun 2021, kata dia, proses transfer dari KPPN ke rekening pemerintah desa sudah tuntas disalurkan sampai dengan bulan Desember 2021.

"Semoga penyaluran dana desa tersebut dapat segera dirasakan manfaatnya, dalam meringankan beban masyarakat di tengah lesunya ekonomi akibat pandemi COVID-19," kata Marwandi mengharapkan.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021