Bupati Aceh Barat Haji Ramli MS menerima penghargaan Lencana Melati Pramuka dari Kwartir Nasional (Kwarnas) Pramuka, yang diserahkan pada Peringatan Hari Pramuka ke-60 tahun di Lapangan Sadakata, Kota Subulussalam, Aceh.

“Lencana Melati adalah tanda penghargaan yang diberikan kepada seorang yang dianggap telah memberikan jasa dan pengabdian yang lebih besar bagi kepentingan Gerakan Pramuka,” kata Ketua Kwartir Daerah Pramuka Aceh Haji Muzakir Manaf, Senin.

Selain itu, Sekda Aceh Barat Marhaban juga turut mendapatkan penghargaan Lencana Darma Bakti dari Kwarnas Pramuka, yang diserahkan oleh Ketua Kwarda Pramuka Aceh.

Muzakir Manaf berharap penghargaan yang telah diterima tersebut agar dapat memotivasi sejumlah kepala daerah dan pemangku kebijakan di Aceh, agar lebih bersemangat dalam mengembangkan organisasi kepramukaan di daerah masing-masing.

Menurutnya, Pramuka sebagai sebuah organisasi yang dapat melahirkan generasi muda yang berakhlak mulia, santun, mandiri, cinta tanah air, serta dapat mewujudkan karakter seseorang menjadi lebih baik, santun, jujur dan saling peduli dengan yang lain.

Bupati Aceh Barat Haji Ramli MS usai menerima penghargaan mengatakan dirinya sangat bersyukur atas perolehan penghargaan Lencana Melati Pramuka.

Menurutnya, penghargaan yang sudah ia terima tersebut akan semakin memotivasi dirinya selaku kepala daerah, untuk lebih perhatian menggerakkan kepramukaan di Kabupaten Aceh Barat. 

“Semoga penghargaan ini semakin meningkatkan semangat dan dedikasi kita semua khususnya jajaran Kwarcab Gerakan Pramuka Aceh Barat,” kata Ramli MS.

Menurutnya dinamisasi gerakan pramuka terus ditingkatkan, sehingga pendidikan karakter, kebangsaan dan kecakapan hidup yang sekarang menjadi kebutuhan termasuk pramuka kekinian bisa kita elaborasi sampai di tingkat Kwarcab.

Ia menegaskan Pramuka masih menjadi benteng yang kokoh untuk menolak paham radikalisme, arus globalisasi yang terlalu deras, faham-faham rasisme dan fenomena bulliying di media sosial. 

"Melalui gerakan pramuka inilah anak-anak akan menemukan jati dirinya sebagai manusia Indonesia yang selalu mempedomani nilai-nilai Pancasila dam berkehidupan berbangsa dan bertanah air, ini penting sekali," ungkapnya.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021