PT PLN (Persero) mengajak Universitas Syiah Kuala (USK) untuk mendukung pencapaian nol emisi karbon pada tahun 2060.

“PLN berkomitmen untuk mendukung pencapaian target nol emisi karbon dengan pemanfaatan dan mengoptimalkan teknologi baru di sektor kelistrikan untuk menggapai target Zero Emission tersebut,” kata GM PLN UIW Aceh Abdul Mukhlis di Banda Aceh, Rabu.

Pernyataan itu disampaikannya saat menjadi pemateri dalam rapat kerja jurusan Teknik Elektro dan Komputer Universitas Syiah Kuala (USK)  dengan tema Membangun Kemitraan Perguruan Tinggi untuk Meningkatkan Capaian Indikator Kinerja Merdeka Belajar Kampus Merdeka di aula PLN UP3 Banda Aceh.

Ia menjelaskan demi pencapaian zero emisi karbon, perlu dukungan dari semua pihak termasuk pihak Universitas dan pemerintah setempat dalam mencetak sumber daya manusia (SDM) yang handal. 

"Kami sangat optimistis target Zero Emission Karbon bisa tercapai jika ada kerjasama dari semua pihak termasuk dari Universitas," katanya. 

Abdul Mukhlis mengatakan saat ini kelistrikan di Aceh sudah cukup baik, di mana banyak perubahan-perubahan yang telah dilakukan PLN UIW Aceh dalam menjaga kehandalan pasokan listrik. 

"Kami terus berupaya meningkatkan kehandalan sistem kelistrikan di Aceh salah satunya dengan melakukan program grebek penyulang 3T (Tebang, Terukur, Tuntas) terhadap pepohonan produktif atau non-produktif untuk meminimalisir gangguan terhadap jaringan listrik," katanya.

Dalam kesempatan itu GM PLN UIW Aceh juga berharap agar Rapat Kerja Jurusan Elektro dan Komputer Universitas Syiah Kuala ini dapat memberikan solusi lebih baik terkait kelistrikan di Aceh lebih baik. 

"Pertemuan ini akan jadi tahu perubahan-perubahan PLN secara detail, sehingga bisa dijadikan objek penelitian mahasiswa maupun akademisi untuk memberi solusi lebih baik kelistrikan di Aceh," katanya. 

Sementara ketua jurusan teknik elektro dan komputer USK Dr Ramzi Adriman menyampaikan terima kasih kepada GM PLN Aceh yang telah memberikan materi dalam Raker yang di laksanakan. 

Pihaknya berharap agar kemitraan PLN dengan jurusan Teknik Elektro dan Komputer Universitas Syiah Kuala (USK) dapat terus berlanjut dalam memberi solusi terbaik mengatasi kelistrikan di Aceh. 

"Dengan kita menggali permasalahan bersama  mitra yakni PLN dapat memberikan solusi dalam mengatasi kelistrikan di Aceh," katanya.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021