Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Meulaboh Kabupaten Aceh Barat, berhasil menggagalkan penyelundupan narkoba sebanyak delapan kali hingga November 2021.

“Alhamdulillah, berkat kesigapan petugas, kita telah berhasil menggagalkan upaya penyelundupan narkoba ke Lapas selama ini,” kata Kepala Lapas Meulaboh Aceh Barat Said Syahrul, Senin.

Ia mengatakan, ada pun jenis narkoba yang berhasil digagalkan petugas tersebut meliputi narkotika jenis ganja mencapai diatas lima kilogram.

Sedangkan barang bukti narkotika jenis sabu-sabu yang berhasil digagalkan sejak Januari-November 2021 mencapai diatas 100 gram lebih.

Said Syahrul menjelaskan, ada pun modus operandi upaya menyelundupkan narkotika ke lapas setempat ditemukan berbagai macam cara, diantaranya seperti memasukkan narkoba ke dalam makanan, sandal, atau wadah lainnya.

Bahkan para pelaku tidak segan-segan menggunakan jasa ojek daring atau memanfaatkan orang lain, guna memasukkan barang haram tersebut kepada warga binaan.

Ia mengakui keberhasilan tersebut berkat kejelian petugas dalam melakukan pemeriksaan dan pengawasan, terhadap setiap barang atau makanan yang masuk ke dalam lapas setempat.

Said Syahrul mengatakan, banyaknya upaya penyelundupan narkoba ke lapas setempat, diduga merupakan pesanan dari kalangan narapidana atau warga binaan yang selama ini diduga dihukum karena kasus narkotika.

Guna mencegah tindakan tersebut, pihaknya selalu mengingatkan petugas agar senantiasa waspada dan teliti saat bertugas, sehingga tidak ada narkotika atau barang terlarang yang akan dibawa ke dalam lembaga pemasyarakatan setempat, kata Said Syahrul.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021