Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah meluncurkan gerakan tanam padi organik sekaligus panen perdana padi organik di Kampung Kuyun Uken, Kecamatan Celala.

“Gerakan menanam padi jenis organik ini harus kita galakkan, di samping tanaman lainnya seperti komoditas kopi organik yang telah lebih dahulu populer ditekuni oleh masyarakat Aceh Tengah hingga dengan saat ini," kata Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar di Takengon, Kamis.

Pernyataan itu disampaikannya dalam pidato tertulis dibacakan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab setempat Harun Manzola saat peluncuran padi organik.

Ia mengatakan keberhasilan masyarakat Kampung Kuyun Uken dalam budidaya padi organik dapat menjadi contoh bagi kampung-kampung lainnya di daerah itu.

“Semoga budidaya yang dilakukan petani di Kampung Kuyun Uken dapat dilanjutkan kampung lainnya,” katanya.

Kepala Dinas Pertanian Aceh Tengah Nasrun Liwanza mengatakan masyarakat di Kampung Kuyun Uken akan terus menjalankan budidaya menanam padi secara organik.

Menurut dia dengan hanya menggunakan pupuk organik hasil panen padi di kampung tersebut sangat memuaskan.

"Pemanfaatan pupuk organik dapat menghasilkan produk pertanian yang lebih baik untuk petani dengan biaya produksi jauh lebih rendah,” katanya.

Ia mengatakan penggunaan pupuk organik juga bagian menjaga kelestarian lingkungan dan mengembalikan kualitas tanah.

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021