Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Jaya menyatakan peran serta keluarga akan menyukseskan program vaksinasi untuk mencegah penyebaran COVID-19 di kalangan orang tua lanjut usia.

“Vaksinasi bagi para lansia di Aceh Jaya ini sangat dipengaruhi oleh ajakan para keluarga yang ada di rumah, karena tanpa ajakan langsung orang tua vaksin lansia sulit dilaksanakan,” kata Kasi Surveline dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Jaya, Cut Nazimah di Calang, Selasa.

Ia menyebutkan hingga saat ini baru sebanyak 1.334 orang tua lanjut usia yang telah melakukan vaksinasi COVID-19 tahap pertama, dari 3.025 lansia yang ada di Kabupaten setempat.

Ia mengatakan realisasi vaksinasi Lansia tahap pertama baru sekitar 22,44 persen dan tahap ke dua hanya 266 orang lansia atau 4,47 persen.

“Peran aktif dari keluarga sangat membantu untuk peningkatan vaksinasi bagi para lansia di Aceh Jaya, karena ada sebagian dari mereka tidak bisa datang sendiri karena harus didampingi,” katanya.

Ia mengajak para keluarga untuk mengajak orang tuanya untuk melakukan vaksinasi paling tidak untuk melakukan pemeriksaan karena boleh tidaknya vaksinasi juga disarankan oleh para dokter yang ada di gerai vaksinasi.

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021