Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat hingga November 2021 telah menerima sebanyak 73.945 dosis vaksin Sinovac dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

“Dari total vaksin Sinovac yang sudah kita terima sebanyak 70.745 dosis sudah terpakai,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat Syarifah Junaidah di Meulaboh, Selasa.

Ia menjelaskan maksimalnya penggunaan dosis vaksin tersebut menyusul meningkatnya kesadaran masyarakat di Aceh Barat, untuk mengikuti program vaksinasi yang digelar oleh pemerintah daerah bersama TNI dan Polri. 

Selain Sinovac, kata dia, jumlah vaksin COVID-19 jenis Moderna yang sudah diterima dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk Kabupaten Aceh Barat, sudah mencapai 2.520 dosis.

“Sebanyak 1.120 dosis vaksin sudah terpakai,” kata Syarifah Junaidah.

Ia mengatakan meski ketersediaan vaksin di Aceh Barat saat ini mencapai sekitar 5 ribuan dosis seperti Sinovac dan Moderna, namun stok tersebut diperkirakan masih mencukupi selama satu hingga dua pekan ke depan.

Apabila nantinya mengalami kekurangan, kata dia, Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat akan mengusulkan kembali penambahan dosis vaksin ke Dinas Kesehatan Provinsi Aceh, agar dikirimkan kembali vaksin ke Aceh Barat, katanya.

“Jadi, tidak ada kendala soal ketersediaan vaksin. Insya Allah semuanya aman,” katanya.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021