Film jalur rempah Uttary yang diproduksi Komunitas kreatif Aceh Bergerak di putar di Gedung Teater Taman Budaya Banda.

“Pemutaran film ini sebagai bentuk sosialisasi jalur rempah kepada seluruh masyarakat di Aceh. Dimana literasi jalur rempah masih menjadi wawasan yang baru bagi masyarakat kita,” kata Ambia Dianda di Banda Aceh.

Ia menjelaskan film Uttari menceritakan tentang perjalanan Uttary yang menjelajah lima wilayah jalur rempah di Sumatera Utara. 

Walaupun film ini di buat di Sumatera, namun tim produksi dan pemeran utama dalam film itu merupakan komunitas yang berasal dari Aceh.

“Ini menunjukkan bahwa komunitas kreatif film di Aceh bisa menghasilkan karya film yang mampu bersaing di tingkat nasional,” katanya.

Film Uttary  di sutradarai oleh Davi Abdullah merupakan sutradara film Three Face In The Land Of Shariah yang meraih Piala Citra dalam Festival Film Indonesia 2021.

Selain pemutaran film Uttary, acara tersebut juga di isi dengan diskusi yang menghadirkan pembicara, Raihan Jeffri Sani sebagai pemeran film Uttary, Eva Hazmaini sebagai asisten produser, Tazkiyatun Nufus sebagai asisten sutradara, dan  Andi Irfan dari Balai Pelestarian Cagar Budaya BPCB Aceh.

Dalam pemutaran film tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Jamaluddin.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021