Ratusan peserta Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tahun 2021 untuk tingkat Kabupaten Aceh Timur hari ini mulai diseleksi.

Kepala Dinas Syariat Islam Kabupaten Aceh Timur Syawaluddin di Aceh Timur, Selasa mengatakan, seleksi MTQ tingkat kabupaten ini diikuti sejumlah 468 peserta putra dan putri dari 24 kecamatan di Aceh Timur.

"Adapun beberapa cabang yang diseleksi yaitu tilawah, hifzil quran, fahmil qur'an, tafsir quran, serta syarhil quran, khattil quran dan KTIQ," sebut Syawaluddin.

Menurut Syawaluddin, seleksi dimulai 30 November hingga 3 Desember mendatang. Adapun sejumlah lokasi yang telah ditetapkan yaitu di aula Dinas Syariat Islam, aula LPTQ, aula SMPN 1 Idi Rayeuk dan aula Bappeda. 

"Sedangkan dewan hakim ada yang dari Provinsi Aceh dan Kabupaten Aceh Timur," kata Syawaluddin.

Bupati Aceh Timur Hasballah melalui Asisten Bidang Pemerintahan di Aceh Timur Syahrizal Fauzi mengajak masyarakat di Aceh Timur untuk terus mempelajari dan membumikan Al Quran di tengah-tengah keluarga.

"Mari kita terus pelajari dan membumikan Al-Quran di tengah-tengah keluarga kita masing-masing, dan mari kita mendidik putra putri kita menjadi generasi yang qurani dengan menanamkan aqidah islamiah ke dalam setiap jiwanya," kata Syahrizal Fauzi.

Ia juga menambahkan selain berisi nilai-nilai keimanan, Al Quran juga mengandung sumber ilmu pengetahuan yang diperuntukkan bagi umat manusia dalam mempelajari kisah-kisah sejarah, falsafah hidup.

Kemudian, kemuliaan, ketauladanan serta pesan-pesan moral yang luhur karena selalu memberikan pencerahan dan keteduhan batin bagi siapa saja yang membacanya.

"Pesan Al Quran juga melarang kita berputus asa, terhadap Rahmat Allah SWT, Al Quran selalu memberikan kabar gembira, bahwa dibalik kesukaran akan ada kemudahan-kemudahan," kata Syahrizal Fauzi.
 

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021