Forum Komunikasi Badan Usaha Milik Negara (FK-BUMN) Aceh menyerahkan donasi kemanusiaan untuk korban bencana erupsi Gunung Semeru sebesar Rp10 juta melalui Aksi Cepat Tanggap (ACT). 

“Kami cukup memahami bagaimana penderitaan yang dialami saudara kita akibat bencana, maka dari itu kami menggalang dana untuk meringankan beban mereka yang tengah dilanda musibah,” kata Ketua FK-BUMN Ferry dalam keterangannya di Aceh Besar, Jumat.

Baca juga: 23 jenazah korban bencana Gunung Semeru teridentifikasi

Donasi yang diserahkan tersebut merupakan hasil penggalangan dana kepedulian dari anggota FK-BUMN untuk membantu kebutuhan para korban yang masih mengungsi sampai hari ini. 

“Muslim itu ibarat satu tubuh, jika salah satu anggota tubuhnya sakit maka anggota lainnya akan merasakan juga. Maka dari itu kita harus ikut membantu,” ujarnya.

Baca juga: Presiden tinjau daerah terdampak erupsi Semeru

Seperti diketahui, bencana erupsi Gunung Semeru telah yang memporak-porandakan Lumajang, hingga menyebabkan banyak korban dan kerugian. 

Warga sekitar terpaksa dievakuasi dan tinggal sementara di pengungsian. Hal ini harus dilakukan karena aktivitas Gunung Semeru belum stabil dan dikhawatirkan akan terjadi erupsi susulan. Banjir lahar dingin juga berpotensi terjadi akibat cuaca hujan di Lumajang. 

Baca juga: 2.970 rumah terdampak awan panas guguran Semeru

Kepala Cabang ACT Aceh Zulfurqan menyampaikan bahwa sejauh ini warga dan tim evakuasi di Lumajang masih kurang aman. Mereka sangat membutuhkan bantuan segera seperti bantuan medis, pangan, dan perlengkapan di pengungsian.

"Donasi dari FK-BUMN ini nantinya akan kita sampaikan kepada tim lapangan untuk dipergunakan sesuai dengan kebutuhan para korban," kata Zulfurqan.

Zulfurqan mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi FK-BUMN Aceh atas inisiatifnya telah menggalang dana peduli Semeru. 

“Terima kasih kepada FK-BUMN yang telah turut peduli pada korban erupsi Semeru. Sudah selayaknya kita saling kolaborasi agar dapat cepat tanggap membantu saudara yang membutuhkan,” ujarnya.

Dirinya berharap, dalam waktu dekat ini semakin banyak kolaborasi lainnya untuk pulihkan duka Semeru. Bagi masyarakat yang ingin membantu untuk aksi peduli Semeru ini dapat menghubungi Instagram @act_aceh. 

Untuk menyalurkan bantuan kepada para korban dapat dilakukan melalui transfer ke rekening BSI 7089 7860 23, Bank Aceh Syariah 01001930009205, Permata Bank Syariah 8040092006, Bank Muamalat 2410036660 atas nama Aksi Cepat Tanggap. 

"Untuk konfirmasi donasinya dapat dilakukan melalui kontak whatsapp di 082283269008," demikian Zulfurqan.

 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021