Kepala Jasa Raharja Cabang Aceh, Regy S Wijaya menyatakan pihaknya mendukung terciptanya pelayanan digital yang terus dikembangkan oleh Kesamsatan di  Provinsi Aceh khsusunya dan nasional umumnya.

 “Langkah-langkah penerapan digitalisasi yang tepat, terintegrasi, baik yang dilakukan Dirlantas Polda Aceh, Badan Pengelola Keuangan Aceh maupun Jasa Raharja Cabang Aceh harus secara harmonis dilakukan agar dapat memberikan layanan terintegrasi yang kian mendukung dan memudahkan masyarakat dalam melaksanakan kewajibannya membayar Pajak Kendaraan Bermotor dan Balik Nama Kendaraannya” Kata Regy.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela menghadiri Rapat Koordinasi Tim Pembina Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) tingkat nasional yang dilaksanakan di Batam.

Ia menjelaskan sinergi Kesamsatan dengan Dukcapil tentunya bisa membawa angin segar untuk dapat menciptakan database digital pemilik kendaraan bermotor yang akurat sehingga ke depan mempermudah dalam hal mengetahui potensi kendaraan yang dimiliki oleh Provinsi Aceh dan pelayanan kepada masyarakat pemilik kendaraan bermotor dapat ditingkatkan.

Turut hadir Tim Pembina Samsat Provinsi Aceh, Direktur Lalu Lintas Polda Aceh Kombes Pol. Dicky Sondani, Badan Pengelola Keuangan Aceh diwakili  Kepala Sub Bidang Pengembangan Pendapatan Asli Aceh, Dajwi.

Dalam kegiatan itu hadir juga inspektur Pengawasan Umum Polri, Komjen Pol Drs Agung Budi Maryoto mewakili Kapolri. Plh Dirjen Bina Keuangan Daerah Dr. Drs. Agus Fatoni dan mewakili Menteri Dalam Negeri. 

Kemudian Kakorlantas Irjen Pol Jend Pol Drs. Firman Shantyabudi, Gubernur Kepri Ansar Ahmad. Kapolda Kepri Irjen Pol DR Aris Budiman Bulo. Dirregident Korlantas Polri, Brigjen Pol Drs Yusri Yunus. 

Selanjutnya Direktur Utama Jasa Raharja Rivan Achmad Purwantono dan pejabat lainnya.  Rakornas yang mengangkat tema Kolaborasi Pelayanan Samsat di Era Digital dalam Mewujudkan Pelayanan Publik yang Prima, membahas berbagai langkah-langkah terobosan dan inovasi di era digital dan persamaan persepsi terkait pentingnya data digital dan keamanannya guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan memaksimalkan pendapatan dari pajak kendaraan bermotor.

Dalam Rakornas tersebut hadir secara virtual Direktur Jenderal Kependudukan Pencatatan Sipil Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, S.H., M.H. yang memberikan insight pentingnya data Kependudukan dalam hal penggunaan NIK untuk dapat mendukung terciptanya data digital kepemilikan kendaraan bermotor yang akurat yang dapat meningkatkan pendapatan Pajak Kendaraan Bermotor.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021