Bupati Aceh Selatan Tgk Amran menyebutkan program desa bersih narkoba atau bersinar merupakan upaya pencegahan dan penanganan penyalahgunaan narkoba di tingkat desa atau gampong.

"Program desa bersinar ini bertujuan untuk meningkatkan pendampingan masyarakat desa yang dikelola secara partisipatif, terpadu, dan berkelanjutan berbasis pendayagunaan sumber daya," kata Bupati Aceh Selatan Tgk Amran di Aceh Selatan, Selasa.

Pernyataan tersebut disampaikan Tgk Amran dalam sambutan tertulisnya dibacakan Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Selatan Cut Syazalisma pada peresmian desa bersinar.

Peresmian desa bersinar dihadiri Kepala BNN Provinsi Aceh Heru Pranoto beserta jajaran, unsur Forkopimda Aceh Selatan, para Kepala SKPK, Camat dan masyarakat Kabupaten Aceh Selatan.

Bupati mengatakan Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan bersama seluruh masyarakat menyatakan perang terhadap narkoba dengan melibatkan semua pihak. 

"Jangan takut menginformasikan jika ada peredaran narkoba di sekitar kita. Rapatkan barisan dan kita hadapi bersama karena narkoba merupakan kejahatan luar biasa," kata Bupati. 

Melawan narkoba, kata Tgk Amran, diperlukan kesatuan pandangan, gerak dan tekad seluruh masyarakat Kabupaten Aceh Selatan hingga ke desa-desa dengan melibatkan semua pihak.

Menurut Bupati, ancaman narkoba sangat dekat dan nyata Narkoba dapat melumpuhkan suatu bangsa. Narkoba mengancam eksistensi serta kedaulatan bangsa dan negara di masa yang akan datang. 

"Mari kita evaluasi serta menyatukan dan menggerakkan seluruh kekuatan melalui koordinasi dan kerja sama aktif lintas lembaga dalam memerangi penyelundupan, peredaran gelap dan penyalahgunaan serta mewujudkan masyarakat Aceh Selatan yang sehat tanpa narkoba," pungkas Tgk Amran.

Kepala BNN Provinsi Aceh Heru Pranoto mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan dan BNNK Aceh Selatan yang telah menyukseskan program desa bersinar.

"Saat ini, di Kabupaten Aceh Selatan telah membentuk desa bersinar di 32 desa atau gampong. Pembentukan desa bersinar sebagai upaya mencegah dan memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba guna menuju Indonesia bersih narkoba," kata Heru Pranoto.
 

Pewarta: Muhammad HSA

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021