Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh dan Kabupaten Simeulue menjalin kerja sama bidang pendidikan.

"Kerja sama ini akan kami tindak lanjuti dengan berbagai potensi yang dimiliki UIN Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh," kata Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Farid Wajdy Ibrahim di sela-sela penandatanganan kerja sama di Darussalam, Banda Aceh, Sabtu.

Kerja sama tersebut diawali dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) oleh Rektor UIN Ar-Raniry Darusalam Banda Aceh Prof Farid Wajdy Ibrahim dengan Bupati Simeulue Riswan.

Ia menjelaskan kerja sama yang akan dilakukan tersebut diantaranya dengan memberikan pelatihan khusus kepada putra putri Simeulue dan mengirim dosen-dosen dari universitas tersebut untuk melakukan penelitian.

"Mereka akan kita kirim untuk melakukan penelitian selama sepuluh hari atau satu bulan ke Simeulue," katanya.

"Kami saat ini juga telah memberikan perhatian khusus kepada kabupaten ini dan ini mendapat sambutan baik dari bupati setempat," katanya.

Ia mengatakan selama ini pihaknya telah menerima putra putri asal Simeulue untuk melanjutkan studi diberbagai disiplin ilmu yang dimiliki perguruan tinggi agama Islam negeri tersebut.

"Kami nantinya juga akan mengirimkan mahasiswa untuk melakukan pengabdian di sana dan kami juga akan duduk kembali dengan Pak Bupati terkait berbagai potensi yang dimiliki UIN untuk kerja sama ini," katanya.

Sementara itu Bupati Simeulue, Riswan memberikan apreasiasi kepada Rektor UIN Ar-Raniry yang telah memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/sederajat asal Simeulue untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi tersebut.

"Alhamdulillah sudah tiga tahun kami mengirimkan putra-putri Simeulue untuk melanjutkan studi di UIN dan ini mendapat sambutan dari Rektor," katanya.

Pihaknya berharap pada tahun berikutnnya UIn dapat memberikan kesempatan lebih besar kepada generasi muda Simuelue yang ingin melanjutkan studi diberbagai disiplin ilmu di UIN Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh.

Pewarta: Pewarta : Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2015