Bupati Aceh Barat H Ramli MS menjelaskan latar belakang hadirnya Tugu Kongres Santri Pancasila dilakukan atas prakarsa ulama dan santri di Aceh, yang telah melaksanakan Kongres Santri Pancasila pertama di Indonesia pada akhir tahun 2021 di Aceh Barat.

"Tugu ini saya bangun sebagai wujud apresiasi saya kepada seluruh ulama dan santri di Aceh, atas kecintaannya terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Bupati Ramli MS di Meulaboh, Rabu.

Ia berharap, dengan adanya pembangunan tugu tersebut, dapat mendorong kembali kecintaan masyarakat untuk mencintai Pancasila sebagai dasar dan lambang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang dimulai dari Aceh.

Ia juga menjelaskan, lahirnya Republik Indonesia juga atas prakarsa santri dan ulama yang sering mendengungkan sebutan Allahu Akbar di setiap medan pertempuran, saat merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.

Bahkan sebutan kata Allahu Akbar juga didengungkan oleh Jenderal Sudirman yang merupakan seorang santri saat berjuang untuk meraih kemerdekaan Republik Indonesia.

“Jenderal Sudirman kan seorang santri, yang mendirikan dan memperjuangkan lahirnya bangsa Indonesia juga santri dan ulama,” kata Ramli MS.

Bupati Ramli MS juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh santri dan ulama di Aceh, yang telah memprakarsai lahirnya Kongres Santri Pancasila pertama di Indonesia yang sudah dilaksanakan di Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022