Direktur Investor Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Sungai Tripe asal Hongkong, Mr Li Xuejia, berharap adanya dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Gayo Lues terkait pembangunan tiga bendungan di sungai itu.

“Harapan kami di tahun 2024 pembangunan sudah dimulai, dan 2030 project telah selesai,” kata Mr. Li Xuejia, Selasa (25/1) melalui Zoom Meeting di ruang kerja Bupati Gayo Lues.

Dikatakan Li Xuejia, sebelumnya telah mempelajari potensi yang dimiliki Gayo Lues, sehingga pihaknya telah merancang pembangunan tiga bendungan Sungai Tripe. Kemudian telah menetukan titik koordinat dengan membuat rencana kerja mengenai tahapan yang diperlukan.

Dengan begitu, pihaknya mengatakan sangat diperlukan perencanaan detail termasuk perijinan. Oleh sebab itu meminta rekomendasi dan dukungan penuh dari Pemerintah Daerah Kabupaten Gayo Lues agar project ini dapat segera dimulai dan dilaksanakan, karena project ini merupakan project yang sangat besar dan memerlukan waktu yang sangat panjang.

Sebab dikatakannya lagi, pembangunan project ini dapat menyerap tenaga kerja yang luar biasa, dapat mencapai 4.000 orang pekerja, sehingga nantinya diharapkan project ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Gayo Lues.

Sementara Bupati Gayo Lues H Muhammad Amru, mengaku akan mendukung secara penuh project PLTA Sungai Tripa yang akan dikembangkan oleh investor asal Hongkong tersebut. 

Dirinya mengatakan Pemerintah Daerah Kabupaten Gayo Lues akan menerima tawaran kerja sama tersebut, guna mendukung pertumbuhan perekonomian masyarakat.

Namun Bupati menegaskan, agar tawaran kerja sama ini bukan hanya sekedar tawaran saja seperti para investor sebelumnya, dimana ketika rekomendasi sudah diberikan dan kerja sama sudah diterima, pihak investor malah tidak menjalankan projectnya dengan baik.

Oleh karena itu, Bupati Gayo Lues mewakili Pemerintah Daerah setempat berharap agar project PLTA Sungai Tripa ini dapat dijalankan dengan baik sampai selesai, apalagi mengingat project ini sangat besar, sehingga diharapkan dengan berdirinya PLTA itu nantinya dapat menunjang kemakmuran masyarakat dan akan memberikan manfaat yang besar bagi banyak orang.

Pewarta: Jasvira Tausita

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022