Sepasang pengantin baru di Desa Alue Peunawa, Kecamatan Babahrot, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Aceh mengunakan hand traktor sebagai kendaraan saat antar linto dan thung dara baroe (temu pengantin-ngunduh mentu).
Pengantin pria bernama Putra kepada wartawan di Blangpidie, Jumat, mengatakan, acara antar linto dirinya dengan menggunakan hand traktor ke rumah istrinya tersebut berlangsung, Kamis (27/1) kemarin.
ia menjelaskan pengunaan hand traktor sebagai kendaraan pengantin pria untuk menuju rumah istrinya di Desa Geulanggang Gajah, Kecamatan Kuala Batee, sebagai upaya untuk menunaikan nazar yang pernah dijanjikan pamannya.
“Dulu paman saya pernah bernazar, kalau saya menikah akan dilakukan prosesi antar linto dengan menggunakan traktor. Alhamdulillah, nazar paman saya itu sudah saya tunaikan,”katanya

Aksi unik tersebut sempat menggegerkan dan jadi tontonan pengguna jalan nasional dan masyarakat daerah itu, karena momen langka tersebut belum pernah ada sebelumnya, apalagi kedua pengantin juga menggunakan traktor saat thung dara baro (ngunduh mantu)

 Adapun kediaman dara baro (pengantin wanita) terletak di Desa Geulanggang Gajah, Kecamatan Kuala Batee, Kabupaten Abdya yang jaraknya sekitar tiga kilometer dari rumah pengantin pria di Desa Alue Peunawa, Kecamatan Babahrot.

Pewarta: Suprian

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022