Blangpidie (ANTARA Aceh) - Sebanyak 10 ketua kelompok tani padi sawah di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Kamis, membacakan panca ikrar petani tentang kesiapan bekerja keras demi terwujugnya swasembada pangan untuk tercapainnya kedaulatan pangan nasional.

“kami yang mewakili seluruh petani Abdya, dengan ini berikrar siap secara bersama-sama mensukseskan program swasembada pangan nasional yang dicanangkan pemerintah,” kata Farid Ihsan, di sela-sela acara panen raya padi di Blangpidie, Kamis.

Farid Ihsan, bersama dengan 10 ketua kelompok tani sawah Abdya lainnya membacakan teks ikrar tersebut dihadapan Direktur Seralia Dirjen Tanaman Pangan pada Kementerian Pertanian RI, Nanda Sunanda, Asisten II Setda Aceh Azhari Hasan para kepala Dinas Aceh, Unsur Muspida Abdya, dan dihadapan ribuan petani setempat.

Farid Ihsan adalah ketua kelompok tani Sejahtera, di Desa Geulumpang Payong, Kecamatan Blangpidie, membacakan teks ikrar yang kemudian di ikuti bersama oleh 10 orang rekannya yang sama-sama  ketua kelompok tani padi sawah.

Lima butir panca ikrar yang dibacakan petani tersebut yang pertama menyatakan “kami siap secara bersama-sama melaksakan program peumakmu naggroe yang senangtiasa akan mensejahterakan petani.

Kedua, kami petani Abdya selalu ikut serta dengan pemerintah untuk mensukseskan program pertanian yang berkesinambungan.

Ketiga, kami petani Abdya adalah bagian yang selalu bekerja keras demi terwujudnya swasembada pangan untuk tercapainnya kedaulatan pangan Nasional yang diprogramkan pemerintah pusat.

Keempat, kami petani siap untuk menjadi pelopor gerakan peumakmu Nanggroe dan yang kelima kami para petani Abdya siap bergotong royong bahu membahu dalam mendorong peningkatan produksi pertanian di Abdya. demikian panca ikrar petani.

Pewarta: Pewarta : Suprian

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2015