Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) memberi pendampingan kepada masyarakat desa wisata di Gampong Aneuk Laot, Kota Sabang, Aceh.

Ketua ASPPI Aceh Azwani Awi di Banda Aceh, Selasa, mengatakan pendampingan tersebut bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia, sehingga pelayanan pariwisata di tempat tersebut semakin membaik.

"Pendampingan ini merupakan bagian dari kerja sama Dewan Pengurus Pusat ASPPI dengan Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif," kata Azwani Awi menyebutkan.

Azwani Awi mengatakan pendampingan tersebut khusus untuk restoran dan rumah makan. Keluaran pendampingan tersebut munculnya restoran dan rumah makan di desa wisata Gampong Aneuk Laot.

Azwani Awi mengharapkan dengan adanya pendampingan tersebut akan lahir pusat kuliner di desa wisata Gampong Aneuk Laot, yang nantinya menjadi destinasi pariwisata baru di Pulau Weh, Kota Sabang. 

"Kerja sama pendampingan desa wisata Gampong Aneuk Laot dengan Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif berlangsung selama 15 hari. Kendati begitu, kami akan terus mendampingi masyarakat hingga mandiri," kata Azwani Awi.

Selain Gampong Aneuk Laot, kata Azwani Awi, ASPPI secara nasional diberi kepercayaan mendampingi 22 desa wisata lainnya di seluruh Indonesia oleh Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif.

"Pendampingan ini merupakan kepercayaan bagi ASPPI. Kami juga terus berupa melahirkan banyak desa wisata di Aceh, sehingga menjadi daya tarik wisatawan berkunjung ke provinsi berjuluk tanah rencong," kata Azwani Awi.
 

Pewarta: Muhammad HSA

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022