Pemerintah Kabupaten Aceh Timur akan menjadikan daerah itu sebagai pusat wisata kuliner di kawasan pesisir pantai timur Provinsi Aceh.

Bupati Aceh Timur Hasballah di Aceh Timur, Kamis, mengatakan wisata kuliner yang akan dibangun di daerah itu dipusatkan di Gampong Kuala Parek Kecamatan Sungai Raya.

“Di gampong ini banyak potensi wisata kuliner, seperti perikanan dan peternakan, sehingga cocok dijadikan pusat wisata kuliner di Kabupaten Aceh Timur,” kata Hasballah.

Menurut Hasballah, Pemerintah Kabupaten Aceh Timur terus menggali potensi wisata kuliner di tempat tersebut. Apalagi di gampong atau desa tersebut berbatasan langsung dengan pantai Selat Malaka. 

“Bahkan, desa tersebut juga dikelilingi sungai dan kawasan hutan pantai yang hamparannya dapat dijadikan budi daya ikan kerapu putih. Pengembangan wisata kuliner akan meningkatkan ekonomi masyarakat,” kata Hasballah.

Bupati mengatakan untuk mengembangkan wisata kuliner tersebut membutuhkan anggaran besar. Anggaran tersebut untuk membangun jalan dan jembatan.

Oleh karena itu, kata Hasballah, Pemerintah Kabupaten Aceh Timur akan mengupayakan anggaran pembangunan dan pengembangan wisata kuliner tersebut kepada pemerintah provinsi maupun pusat.

"Kami terus berupaya membangun sektor pariwisata guna meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Aceh Timur. Selain memajukan perekonomian masyarakat, sektor pariwisata juga untuk  meningkatkan pendapatan asli daerah," kata Hasballah.
 

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022