Aksi Cepat Tanggap (ACT) mengelar Shadaqah Day dengan meraup ratusan juga dari dermawan Kabupaten Pidie, Aceh.

Kepala ACT Aceh Ryanda Saputra di Pidie, Kamis, menyatakan acara mengusung tema wakaf energi untuk umat ini mengumpulkan donasi Rp336 juta.

"Donasi ini diperoleh dari komitmen sebesar Rp125,9 juta, uang tunai Rp205,4 juta, dan tranfer bank Rp5 juta," kata Ryanda Saputra.

Menurutnya, ACT merupakan wadah bagi orang-orang yang ingin berbagi kebaikan dengan menyalurkan wakaf kepada saudara muslim yang membutuhkan baik di Indonesia maupun di berbagai belahan dunia.

Ia mengatakan ACT tidak hanya hadir ketika bencana alam melanda, tetapi ACT hadir untuk memikirkan urusan umat melalui wakaf.

"Seperti masalah sumur wakaf untuk pesantren yang membutuhkan air bersih, pengembangan lumbung ternak wakaf untuk membangkitkan dan memajukan peradaban umat," katanya.

Pelaksana Tugas Asisten Umum dan Pembangunan Setda Kabupaten Pidie Tarmizi mengatakan wakaf merupakan filontropi tertinggi dalam agama Islam.

"Wakaf dapat memenuhi kebutuhan primer masyarakat prasejahtera serta mampu memberikan manfaat berkelanjutan bagi kesejahteraan sosial umat," kata Tarmizi.

Ia mengatakan terlaksananya acara ini guna memajukan dan meningkatkan program kemanusiaan di Pidie serta sebagai ajang silaturrahmi bagi para dermawan.

"Dengan adanya acara ini, semoga dapat meningkatkan rasa kemanusiaan lewat bersedekah, sehingga membantu manusia lainnya," kata Tarmizi.
 

Pewarta: Mira Ulfa

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022