Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Sekitar 100 hektare lahan persawahan dan 50 unit rumah warga di Kecamatan Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah, rusak akibat banjir luapan sungai yang melanda kawasan tersebut.

"Tingginya curah hujan yang terjadi dalam sepekan terakhir mengakibatkan air sungai meluap dan mengakibatkan kerusakan lahan pertanian dan rumah warga," kata Camat Pegasing, Aceh Tengah, Kamaluddin di Aceh Tengah, Jumat.

Selain itu, banjir luapan tersebut juga mengakibatkan empat hektare kebun masyarakat rusak.

Ada pun 50 unit rumah yang rusak itu tersebar di Kampung/desa Lelumu dan Suka Damai dan satu diantaranya rusak berat
  
Banjir luapan tersebut juga merusak satu unit rumah ibadah dan dua unit Jembatan besi akibat ditumpuki semak kayu dan balok yang dibawa air bah tersebut.

"Bagian selatan kampung Lelumu  juga masih belum bisa  tembus, karena tumpukan tanah longsor yang meninggi di tengah badan jalan" katanya
   
Dalam tinjauan langsung ke lapangan  Wakil Bupati Aceh Tengah, khairul Asmara menghimbau masyarakat agar siaga dan waspada seiring tingginya intensitas hujan di kawasan tersebut.

Khairul juga menekankan pihak kecamatan untuk mendirikan posko bagi warga jika sewaktu-waktu luapan air kembali melanda kawasan itu.

Pewarta: Pewarta : Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2015