Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bener Meriah Ilham Abdi menyatakan 90 persen Calon Jamaah Haji dari daerah itu hingga saat ini telah menerima vaksin tahap tiga.

"Calon jamaah haji Bener Meriah yang belum menerima vaksin tahap tiga tinggal 14 orang atau 10 persen lagi. Ini belum dilakukan vaksinasi karena yang bersangkutan masih berhalangan dan kurang sehat, Insya Allah dalam waktu dekat akan selesai seluruhnya," kata Ilham Abdi di Redelong, Senin.

Ia menjelaskan dari sebanyak 144 orang calon jemaah haji daerah itu yang telah terdaftar hingga saat ini,  sebanyak130 orang diantaranya telah menerima vaksin dosis ketiga (booster).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bener Meriah melalui Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Gazali mengatakan pemberian vaksin dosis ketiga terhadap calon jamaah haji adalah dalam rangka menindaklanjuti Surat Edaran Sekjen Kementerian Kesehatan RI.

Menurut dia vaksinasi booster tersebut merujuk pada Surat Edaran Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan RI Nomor HK.02.02/III/3550/2022 tentang pelaksanaan pemeriksaan, pembinaan kesehatan, dan pemberian vaksinasi  bagi jemaah haji tahun 2022, serta berdasarkan surat dari Dinas Kesehatan Provinsi Aceh No.443.01/421/II/2022 tanggal 9 Februari 2022 tentang penyelenggaraan kesehatan haji di kabupaten/kota tahun 2022.

Ia mengatakan Pemerintah Pusat bersama pemerintah kabupaten/kota di seluruh Indonesia saat ini memang tengah melakukan percepatan vaksinasi tahap ketiga, termasuk bagi para calon jemaah haji.

“Kita berharap dengan pemberian vaksinasi dosis lengkap atau hingga dosis ketiga para calon jemaah haji nantinya dapat terhindar dari penyebaran COVID-19 saat berada di Tanah Suci hingga kembali ke Tanah Air,” katanya..

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022