Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Seorang ahli kopi dari Specialty Coffee Association of Europe (SCAE) Hans Dahlqvist menyatakan kopi Arabika yang tumbuh di Dataran Tinggi Gayo merupakan kopi dengan citarasa terbaik di dunia.
    
''Ini benar-benar kopi yang sangat enak,'' katanya di sela-sela menikmati senagkir kopi saat jamuan di pendopo bupati Aceh Tengah.
    
Ia mengatakan dirinya telah menghabiskan dua gelas kopi yang disuguhkan dalam jamuan makan dengan orang nomor satu di Kabupaten Aceha Tengah yakni H Nasaruddin.
    
Peserta lainnya SCAE Sergiy Reminnyy asal Ukraina juga menyatakan sangat menikmati kopi yang disuguhkan tersebut.
    
Sebanyak 19 peserta Specialty Coffee Association of Europe (SCAE) dari 11 negara tiba di Takengon pada hari Senin, 16 Nopember 2015 guna melihat langsung keberadaan kopi di Aceh Tengah dan Bener Meriah,
    
Kedatangan rombongan Kopi Eropa ini erat kaitannya dengan hubungan dagang yang melibatkan komoditas andalan dari Dataran Tinggi Gayo, yaitu kopi Arabika Gayo.
    
Bupati Aceh Tengah Nasaruddin mengundang ke-19 calon mitra bisnis tersebut ke pendopo setempat untuk makan malam bersama, dimana sejumlah kesenian lokal turut disuguhkan.

Pewarta: Pewarta : Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2015