Masyarakat Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mulai memadati kota Blangpidie untuk berbelanja pakaian dan kebutuhan lain menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

Ismawati, warga Kecamatan Tangan-Tangan, Abdya di Blangpidie, Ahad, mengatakan, bahwa dirinya bersama keluarga sengaja berbelanja lebih awal untuk mengantisipasi padatnya pembeli di akhir Ramadhan.

“Biasanya dekat lebaran itu cukup ramai orang berbelanja, makanya kami pilih sekarang, lagipula sekarang masih banyak model-model pakaian tersedia di pertokoan. Kalau sudah dekat lebaran sudah payah kita dapatkan,”katanya

Menurut ibu tiga anak itu, jika semakin mendekati hari raya Idul Fitri, keadaan di jalan di kawasan Kota Blangpidie biasanya penuh dan macet. Pertokoan yang menjual pakaian, sepatu, sendal, juga padat pembeli.

Salah seorang karyawan toko pakaian, Isra, mengaku sudah mulai ramai pembeli yang berbelanja di toko-nya meskipun baru awal Ramadhan.

“Biasanya mulai pertengahan hingga akhir bulan puasa baru ramai pembeli. Berbeda dengan Ramadhan tahun ini, mulai dari awal sudah ramai yang berbelanja untuk kebutuhan lebaran,”ujarnya.

Ia juga menjelaskan, bahwa pembeli yang berbelanja di kota Blangpidie, tidak saja dari Abdya, tetapi juga dari Kabupaten Aceh Selatan, dari Kabupaten Gayo Lues, dan dari Kabupaten Nagan Raya.

“Semoga masyarakat di desa terus dimudahkan rezeki agar semua bisa membeli baju baru untuk lebaran tahun ini,” katanya.

Pewarta: Suprian

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022