Lhokseumawe (ANTARA Aceh) - Murid Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-Kanak (TK) Kartika-3 Lhokseumawe, diperkenalkan rambu-rambu dan aturan berlalulintas yang baik, sebagai upaya menanamkan karakter mental bagi anak-anak sejak usia dini.

Pengenalan aturan berlalulintas tersebut, dilakukan oleh personel Polres Lhokseumawe, yang bertempat di Sekolah Taman Kanak-kanak Kartika-3 di Lhokseumawe, Senin.

Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 011 Ny. Fenty Dedy Agus Purwanto mengatakan, kegiatan dimaksud bertujuan untuk dapat menjadi bagian dari pembentukan karakter anak sejak dini, terhadap pengenalan rambu-rambu lalu lintas dan aturan di jalan raya.

Lanjutnya, pentingnya anak-anak mengenal rambu-rambu lalu lintas sejak usia dini, dikarenakan usia anak-anak masih mudah dalam menyerap berbagai pemahaman dalam lingkungan. Terutama aturan berlalulintas yang harus ditanama sejak usia dini.

Dengan adanya kegiatan tersebut, diharapkan anak-anak menjadi paham manfaat keberadaan rambu-rambu lalu lintas sehingga kebiasaan tertib berlalu lintas akan tertanam sejak dini.

"Anak-anak juga harus paham jika keberadaan rambu-rambu lalu lintas bukan sekadar pajangan atau hiasan di jalan raya. Akan tetapi, rambu-rambu lalu lintas tersebut dipasang demi kenyamanan dan keselamatan para pengguna jalan," ungkap Ny Fenty.

Untuk mendukung kebiasaan berlalulintas yang baik, peran orang tua dan juga sikap teladan, sangat menentukan dalam mendidik dan membiasakan anak-anak mengenal rambu-rambu dan aturan berlalulintas yang baik.

"Oleh karena itu, kepada orang tua dan guru, tanamkan karakter yang baik untuk anak-anak, salah satunya dengan pengenalan rambu-rambu lalu lintas sejak dini," ujar dia.

Karena sebagaimana dikatakan olehnya, banyak korban jiwa akibat melalaikan dan mengabaikan aturan berlalulintas yang baik dan benar, tegas Ketua Persit KCK Koorcab Rem 011.

Pewarta: Pewarta : Mukhlis

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2015