Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Pengurus Provinsi Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) Aceh ingin mengembalikan kejayaan cabang olahraga anggar yang pernah mengharumkan nama daerah di tingkat nasional maupun internasional.

Ketua Umum IKASI Aceh Zulfadhli di Banda Aceh, Selasa menyatakan, cabang olahraga anggar Aceh pernah berjaya dalam beberapa even tingkat nasional di masa lalu, sehingga hampir sepanjang keikutsertaan dalam Pekan Olahraga Nasional (PON), anggar selalu menjadi cabang yang menyumbangkan medali emas bagi Aceh.

"Hanya pada PON Jawa Timur tahun 2000 dan PON Riau tahun 2012, tim anggar Aceh tidak memperoleh medali," kata Zulfadhli yang juga anggota DPRA dari Partai Aceh itu.

Zulfadhli baru dilantik menjadi pengurus baru periode 2014-2018 oleh Ketua Umum Pengurus Besar (PB) IKASI Pusat, Agus Suparmanto, Minggu (20/12) malam. Ketua Harian dijabat Darmawan, Zulfikar sebagai Sekretaris Umum, dan H Mawardi sebagai Bendahara Umum.

Acara pelantikan antara lain dihadiri Ketua Harian KONI Aceh Kamaruddin Abu Bakar atau Abu Razak, dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadipora) Aceh Iskandar Zulkarnaen.

Dengan dilantikannya pengurus IKASI Aceh yang baru ini, kata Zulfadhli, pihaknya bertekad untuk mengembalikan kejayaan anggar Aceh seperti yang pernah diraih sebelumnya.

"Peresmian dan pelantikan tersebut akan menjadi awal untuk meraih prestasi itu," ujar Zulfadhli yang juga kerap disapa Abang.

Sementara itu, Ketua Harian KONI Aceh, Abu Razak, menginstruksikan kepada pengurus IKASI yang baru dilantik untuk segera mempersiapkan pembinaan prestasi atlet anggar, terutama bagi atlet yang telah dinyatakan lolos PON XIX Jawa Barat 2016.

"KONI Aceh menaruh harapan besar kepada seluruh cabang olahraga, khususnya cabang anggar untuk melakukan pembinaan terhadap atlet secara maksimal," kata Abu Razak.

Abu Razak menekankan, sebagai cabang yang pernah mempersembahkan medali emas untuk Aceh pada ajang PON, besar harapan agar prestasi itu dapat diraih kembali pada PON XIX Jawab Barat 2016.

Dengan dilantikanya pengurus IKASI Aceh yang baru, diharapkan pengurus dapat segera menyusun program pembinaan yang terarah dan terukur.

"Semoga akan menjadi organisasi yang solid dan maju yang dapat bersaing di tingkat nasional dan internasional," kata Agus.

Pewarta: Pewarta : Heru Dwi S

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2015