Sebanyak 1.232 orang warga lanjut usia di Kabupaten Aceh Barat hingga kini sudah mulai mendapatkan vaksin dosis ketiga atau disebut vaksin penguat (booster) dari Dinas Kesehatan setempat.

“Alhamdulillah, vaksin dosis ketiga ini sudah mulai diterima oleh warga lanjut usia dengan baik,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat, Syarifah Junaidah di Meulaboh, Minggu.

Ia menjelaskan, jumlah warga lanjut usia di Kabupaten Aceh Barat yang ditargetkan mendapatkan penyuntikan vaksin dosis ketiga sebanyak 13.235 orang dari total warga yang harus divaksinasi sebanyak 155.150 jiwa.

Syarifah Junaidah menambahkan jumlah warga lanjut usia yang sudah mendapatkan vaksin dosis pertama sebanyak 8.079 orang atau sebesar 61,0 persen dari total sasaran sebanyak 13.235 orang.

Sedangkan jumlah lansia yang sudah mendapatkan vaksin dosis kedua atau dosis lengkap sebanyak 8.592 orang atau sebanyak 64,9 persen.

Ia menjelaskan vaksinasi booster (penguat) merupakan vaksinasi COVID-19 setelah seseorang mendapat vaksinasi primer dosis lengkap, yang ditujukan untuk mempertahankan tingkat kekebalan serta memperpanjang masa perlindungan.

Menurutnya, vaksinasi booster diselenggarakan oleh pemerintah dengan sasaran masyarakat usia 18 tahun ke atas dengan prioritas kelompok masyarakat lanjut usia (lansia) dan penderita imunokompromais.

“Jadi, bagi warga lansia yang belum mendapatkan vaksin penguat kami imbau agar segera mendatangi fasilitas kesehatan terdekat, agar bisa mendapatkan vaksinasi dosis ketiga,” imbau Syarifah Junaidah.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022