Aktivitas masyarakat melakukan mudik saat lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah kemarin dinilai telah memberikan dampak positif terhadap perekonomian daerah, termasuk di Aceh.

"Mudik lebaran telah membawa dampak positif bagi perekonomian di daerah," kata Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Mobilitas Penduduk (Disnakermobduk) Aceh Akmil Husein, di Banda Aceh, Selasa. 

Menurut Akmil, dampak positif tersebut muncul dari mereka yang bekerja di luar daerah kemudian pulang dengan membawa uang ke kampung halaman masing-masing, sehingga membawa nilai positif pada ekonomi daerah.

Namun, kata Akmil, juga ada dampak negatifnya yaitu jika terjadi urbanisasi (pergeseran dari pedesaan ke kota). Namun, itu merupakan hak yang tidak mungkin ditahan jika masyarakat ingin urban dengan harapan dapat merubah nasib menjadi lebih baik di kota besar. 

"Dampak melihat dari mereka yang pulang mudik, terlihat sukses, ini sumber pemicu (terjadinya urbanisasi),"  ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Akmil juga mengimbau kepada masyarakat jika tidak memiliki skill atau keahlian dalam bidang tertentu maka akan sulit meraih keberhasilan di perkotaan, lebih baik tetap di daerah. 

"Tapi harus kita imbau tanpa skill mereka tidak akan berhasil di kota besar, sebaiknya di daerah masing-masing yang sudah pasti," kata Akmil Husein.
 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022