Meulaboh (ANTARA Aceh) - Agus Salim (50), nelayan tradisional asal Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh yang hilang di tengah laut dikabarkan masih hidup dan bekerja di kapal di India.

Kepala Bidang Kelautan dan Perikanan pada Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Aceh Barat M Iqbal di Meulaboh, Selasa mengatakan  nelayan tersebut melaut dan hilang di tengah laut sekitar November 2014, namun upaya pencarian saat itu telah selesai.

"Benar memang ada salah seorang nelayan kita yang waktu itu melaut sendiri, kemudian dapat informasi boad kecilnya tengelam. Saat itu keluarganya di sini sudah membuat kenduri segala macam karena beranggapan nelayan ini sudah tiada," sebutnya.

Dari pihak pemerintah sendiri kata dia merasa kaget dengan adanya kabar tersebut, bila benar bahwa ada nelayan Aceh Barat yang sudah lama hilang tiba-tiba dikabarkan masih hidup, itu merupakan suatu keajaiban dan pihaknya akan coba menelusuri.

Iqbal menyebutkan, benar atau tidaknya informasi tersebut akan ditelusuri dengan melakukan koordinasi dengan pihak pengawas di Banda Aceh bahkan sampai kepada kedutaan Indonesia.

Agus Salim merupakan nelayan Gampong (desa) Pangong, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, dia berangkat melaut sendiri dengan boad berkapasitas 3 GT pada November 2014, sehingga setelah hilang keluarga dan nelayan lain menduga bahwa nelayan ini sudah hilang meninggal di tengah laut.

"Kami akan coba melakukan koordinasi ke semua pihak terkait untuk memastikan kabar ini, kalau memang keluarganya sudah pernah berkomunikasi dengan nelayan ini bisa saja itu benar, apalagi perbudakan itu sifatnya bukan secara  hukum negara," sebutnya.

Iqbal menyebutkan, tidak masuk akal juga dengan boad dengan kapasitas menempuh perjalanan maksimal 3 mil, akan tetapi bisa sampai ke India ataupun hanyut ke negara tetangga, padahal puing-puing boadnya kala itu pernah ditemukan sudah hancur di tengah laut.

Informasi tersebut berawal dari keluarga Agus Salim yang mengabarkan kepada wartawan perihal keberadaan keluarganya yang dipekerja paksa pada kapal milik warga India sejak hilang ditangkap oleh pelaut negara tersebut, keluarganya mengaku sempat dihubungi.

Pewarta: Pewarta : Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016