Pemerintah Kabupaten Aceh Barat kini terus meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran lahan, saat melakukan pembersihan kebun guna menghindari terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

“Salah satu upaya yang kita lakukan adalah mencegah terjadinya kebakaran lahan dengan melakukan sosialisasi, agar masyarakat tidak membakar lahan,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Barat, Marhaban didampingi Kapolres AKBP Pandji Santoso di Meulaboh, Kamis.

Baca juga: Warga Aceh diminta tak bakar lahan saat kemarau cegah Karhutla

Sekda mengatakan memasuki musim kemarau pada saat ini, pihaknya melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Barat, terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran lahan.

Pemerintah daerah juga meminta masyarakat agar tidak melakukan pembukaan lahan atau pun hutan, karena hal tersebut berdampak terhadap kerusakan alam dan lingkungan.

Baca juga: Satu hektare lahan terbakar di Aceh Selatan, tiga titik panas

“Kalau sempat terjadi kebakaran lahan, maka juga akan berdampak terhadap kebun-kebun masyarakat lainnya di sekitar lahan yang terbakar,” kata Marhaban menambahkan.

Ia mengharapkan agar masyarakat dapat menjaga kelestarian lingkungan dan alam dengan tidak melakukan pembakaran lahan.

Baca juga: BNPB minta daerah siaga hadapi kebakaran hutan dan lahan

Terhadap ketersediaan armada pemadam kebakaran, Sekda yang juga Kepala BPBD Aceh Barat juga mengatakan saat ini ketersediaan peralatan yang dimiliki oleh pemerintah daerah juga sangat memadai, dan mampu melakukan pemadaman jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran lahan, kata Marhaban Pula.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022