Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh Iqbal melantik Pembantu Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPPIH) Embarkasi/Debarkasi Haji Aceh tahun 2022 di Aula Arafah UPT Asrama Haji Aceh, Jumat.

Iqbal selaku ketua PPPIH menyampaikan rasa syukur karena mulai tahun ini pelaksanaan ibadah haji kembali digelar setelah dua tahun terjadi pembatalan keberangkatan akibat pandemi COVID-19.

"Alhamdulillah kita bersyukur kepada Allah, tahun ini Pemerintah Arab Saudi mengizinkan jamaah untuk berhaji, setelah dua tahun calon jamaah haji merindukan keberangkatan ke Tanah Suci," kata Iqbal.

Sebelumnya, Gubernur Aceh diwakili Asisten I Pemerintahan dan Keistimewaan Setda Aceh M Jafar juga telah melantik Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Haji Aceh (BTJ).

Pelantikan dilakukan berdasarkan Keputusan Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi Aceh Nomor 01 tahun 2022. Petugas yang dilantik berjumlah 27 orang.

Petugas yang dilantik hari ini terdiri dari unsur Kanwil Kemenag Aceh, UPT Asrama Haji, Kemenag Banda Aceh, Biro Isra Setda, Dinkes Aceh, Dishub Aceh, KKP Banda Aceh, Imigrasi Banda Aceh, Angkasa Pura/Garuda, Lanud SIM, Polda Aceh, Polresta Banda Aceh, dan Bea Cukai Aceh.

Iqbal menyebutkan, meskipun ada pembatasan usia maksimal 65 tahun, diharapkan tahun depan seluruh jamaah haji Indonesia dan Aceh dapat berangkat 100 persen, tanpa batasan usia.

Ia juga berharap PPIH dan PPPIH yang sudah dilantik dapat bekerjasama dengan baik menyukseskan pemberangkatan jamaah haji hingga pemulangan.

"Saya berharap semua petugas dan pembantu petugas saling bekerja sama dengan baik dan membangun koordinasi serta komunikasi selama pelayanan jamaah di embarkasi. Mari kita sukseskan haji tahun ini, dan akan menjadi tolak ukur pemberangkatan haji 100 persen ke depan," kata Iqbal.

CJH asal Aceh akan diberangkatkan dalam enam kelompok terbang (kloter), dengan rincian lima kloter full jamaah Aceh dan satu kloter bergabung dengan jamaah asal Sumatera Utara, Medan.

Kloter pertama akan terbang dari Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar menuju Bandara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdul Aziz, Madinah, Arab Saudi pada Rabu 15 Juni 2022.

Dijadwalkan jamaah haji kloter satu Embarkasi Aceh ini akan kembali ke Tanah Air pada 26 Juli 2022.

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022