Meulaboh (ANTARA Aceh) - Para pedagang warung kopi di Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, menyatakan sangat terganggu akibat terjadinya pemadaman arus listrik, karena penghasilan mereka menurun.

Beberapa pengusaha di seputar Meulaboh, Rabu menyampaikan keluhan kepada wartawan, bahwa usaha mereka terganggu sebab pelanggan berkurang selama terjadinya pemadaman listrik yang tidak menentu.

"Kalau yang punya mesin genset mungkin tidak terlalu terganggu soal arus listrik, tapikan untuk biaya pembelian BBM sama saja. Usaha warung kopi di Meulaboh hampir semuanya memiliki fasilitas wifi dan jaringan internet. Kalau listrik mati pelanggan tentu tidak akan datang," kata Zulfikar, salah seorang pemilik warkop di Jalan Nasional Meulaboh.

Pemadalam arus listrik terjadi di seputar area Kota Meulaboh Kabupaten Aceh Barat sejak pukul 07.30 WIB sampai 17.00 WIB, pemadaman arus juga terjadi pada jaringan lampu rambu-rambu lalu lintas di jalan Meulaboh sehingga membuat arus kendaraan tidak terkendali.

Sementara itu Humas PT PLN area Meulaboh Rusidy Helmi yang dikonfirmasi menyampaikan, kondisi yang terjadi adalah pembangkit listrik tidak bisa mengirim arus karena terjadi gangguan pada kabel bawah tanah.

"Sejak tadi pagi petugas mencari titik terganggunya kabel listrik bawah tanah dan ternyata ditemukan di kawasan Suak Puntong, ada terjadi gangguan di sana jadi arus tidak bisa dikirim dari PLTU ke PLTD," sebutnya.

Rusidy menjelaskan, suplay arus listrik dari pembangkit listrik PLTU Nagan Raya tidak bisa dikirim ke PLTD Seuneubok yang berfungsi sebagai pembagi arus listrik kepada seluruh pelangan wilayah kerjanya, sehingga terjadi pemadaman.

Katanya, seluruh jaringan suplay arus listrik untuk wilayah kerjanya berjaringan interkoneksi, apabila terjadi gangguan pada salah satu transmisi atau jaringan maka pasti akan terjadi pemutusan arus, seperti yang terjadi saat ini.

"Kalau sore ini sudah siap mungkin akan segera dikirimkan arusnya. Kalau untuk pemindahan tiang listrik karena pelebaran jalan itu akan dilakukan pemadaman pada hari Sabtu (20/2)," sebutnya.

Dia memastikan adanya pemadaman arus listrik tersebut bukan karena defisit daya akibat pemeliharaan PLTU Media Groub, sebagaimana yang diberlakukan pada awal Januari 2016 yang berdampak pada semua wilayah kerjanya.

Pewarta: Pewarta : Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016