Personel Satuan Lalu-Lintas Polres Aceh Barat menyosialisasikan keselamatan guna meningkatkan kesadaran masyarakat, agar lebih aman dalam berkendara di jalan raya.

“Sosialisasi keselamatan berkendara kepada pengguna jalan ini dilakukan, demi terciptanya gaya hidup yang tertib berlalu-lintas, dan dapat meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan,” kata Kapolres Aceh Barat AKBP Pandji Santoso melalui Kasat Lantas Iptu Sugeng Riyadi di Meulaboh, Rabu.

Ia mengatakan, ada pun bentuk edukasi yang dilakukan tersebut diantaranya seperti berkendara yang benar, serta edukasi keselamatan lainnya.

Ada pun sasaran dari program edukasi tersebut, kata dia, ditujukan kepada para sopir mobil atau truk yang membawa muatan di jalan raya.

Iptu Sugeng Riyadi mengatakan pergerakan mobil barang yang membawa muatan pasir dan  material batu sangat rawan mengakibatkan kecelakaan lalu lintas di jalan raya. 

“Kehadiran mobil mobil dump truk yang melintas di jalan raya maupun area pemukiman penduduk kerap menimbulkan permasalahan.  Material pasir dan batu kerikil yang jatuh diaspal  saat perjalanan merupakan salah satu Gangguan Nyata bagi keselamatan lalu lintas,” katanya menambahkan.

Untuk itu, kata dia, perlu dilakukan edukasi kepada para sopir truk, sehingga diharapkan dapat memperhatikan keselamatan saat berkendara baik buat sendiri maupun pengendara lainnya.

“Kegiatan Sosialisasi Road Safety ini akan terus dilakukan bersamaan digelar operasi patuh Seulawah 2022, demi terwujudnya keselamatan di jalan raya,” tuturnya.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022