Sekretaris Daerah Provinsi Aceh dr Taqwallah mengatakan Kabupaten Aceh Barat menjadi tuan rumah terbaik penyelenggaraan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) XVI Aceh, yang  berlangsung  20-26 Juni 2022.

“Ucapan terima kasih kepada masyarakat dan Pemkab Aceh Barat yang telah menjadi tuan rumah terbaik selama penyelenggaraan Popda XVI Aceh, ” kata Taqwallah di Meulaboh, Ahad sore.

Hal ini disampaikan saat menutup kegiatan Popda XVI Aceh berlangsung di Gedung Olahraga dan Seni (GOS) Aceh Barat.

Seperti diketahui, dalam ajang tersebut Kabupaten Pidie berhasil keluar sebagai juara umum dengan perolehan 18 medali emas, 9 perak dan 13 perunggu. Disusul Kota Banda Aceh meraih  17 medali emas, 22 perak dan 22 perunggu.

Sedangkan tuan rumah Aceh Barat memantapkan diri di posisi ketiga dengan meraih 16 emas, 12 perak dan 20 perunggu.

Menurut Taqwallah, keberhasilan penyelenggaraan Popda XVI Aceh terlaksana atas peran serta seluruh panitia provinsi dan kabupaten, serta para kontingen yang hadir sehingga even dua tahunan tersebut berjalan lancar.

“Selama kompetisi selalu ada menang dan kalah, jika belum berhasil masih ada kesempatan untuk mengejar keberhasilan,” katanya menambahkan.

Ia juga mengharapkan kepada atlet yang belum berhasil memperoleh prestasi agar tidak patah semangat dan tidak berkecil hati.

Ia yakin seluruh atlet yang berjuang dalam Popda XVI Aceh sudah mengeluarkan seluruh kemampuan untuk meraih juara.

Taqwallah mengatakan, pelaksanaan Popda XVI Aceh telah membuktikan bahwa Aceh memiliki segudang atlet generasi muda dan talenta besar untuk berkembang, dan diharapkan dapat mengharumkan nama Aceh di kancah nasional dan internasional nantinya.

Ia juga mendorong kepada seluruh pemerintah kabupaten/kota di Aceh, agar pentingnya melakukan pembinaan kepada atlet muda sejak usia dini, sehingga nantinya menjadi bibit muda berbakat agar menjadi atlet yang profesional.

Sementara itu Bupati Aceh Barat H Ramli MS dalam sambutannya mengatakan pemerintah daerah mengucapkan terima kasih, atas kehadiran seluruh kontingen ke Aceh Barat guna menyukseskan kegiatan tersebut.

Ia juga meminta maaf apabila selama penyelenggaraan olahraga tersebut berlangsung, jika terdapat sambutan dari masyarakat dan pemerintah daerah yang mungkin mengecewakan para tamu undangan.

Ia mengharapkan melalui ajang olahraga tersebut, semakin meningkatkan gairah olahraga bagi generasi muda di Aceh, agar lahirnya atlet yang berprestasi yang akan mengharumkan nama Aceh di kancah nasional maupun internasional.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022