Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki meminta penjabat bupati di provinsi itu dapat memaksimalkan dana desa yang telah dikucurkan untuk setiap gampong/desa oleh Pemerintah Pusat.

“Saya minta agar dana desa yang dikucurkan Pemerintah setiap tahunnya bisa dikelola dengan baik oleh Pemerintah Gampong dan saudara harus bisa mengambil langkah pendampingan,” kata Achmad Marzuki di Banda Aceh, Senin.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela melantik Pj Bupati Aceh Jaya, Nurdin  dan Pj Bupati Pidie, Wahyudi Adisiswanto di Anjong Mon Mata, Banda Aceh guna mengisi kekosongan jabatan pimpinan di daerah setempat.

Ia menjelaskan sebagai orang yang diberi amanah dan tanggungjawab, maka penjabat bupati yang baru dilantik tersebut harus bisa mengambil langkah-langkah untuk pendampingan dan pengawasan agar dana desa tersebut tepat sasaran.

“Semoga dana desa yang disalurkan itu tepat sasaran dan bermanfaat bagi pertumbuhan ekonomi di setiap wilayah,” katanya.

Ia juga meminta penjabat bupati tetap prioritaskan program penanganan pandemi COVID-19, di samping, melakukan pemulihan ekonomi pasca pandemi agar segera dipacu melalui percepatan realisasi belanja yang efektif, efisien, tepat sasaran dan bermanfaat untuk masyarakat.

“Hidupkan sektor UMKM, utamanya melalui penggunaan produk dalam negeri dan lakukan upaya-upaya dalam mengurangi angka kemiskinan,” katanya.

Ia juga meminta para penjabat bupati dapat segera mungkin membangun hubungan dan komunikasi positif dengan seluruh pemangku kepentingan di wilayah dalam mempercepat pembangunan di masing-masing daerah.

“Saya juga berharap kepada semua pihak termasuk mantan bupati dan wakil bupati ikut mendukung Pj Bupati untuk menjalankan program pembangunan di setiap daerah yang dipimpin,” katanya.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022