Komandan Kodim 0119 Bener Meriah Letkol Inf Eko Wahyu Sugiarto meresmikan Kampung Benteng Pancasila di Kampung Puja Mulia, Kecamatan Bandar, Kabupaten Bener Meriah, Kamis.

Eko Wahyu mengatakan pembentukan Kampung Benteng Pancasila bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari serta sebagai upaya menangkal ideologi selain Pancasila.

"Kita berharap dengan pengukuhan Kampung Benteng Pancasila ini nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dapat diterapkan dalam kehidupan dan menangkal ancaman yang dapat memecah belah persatuan dan persaudaraan," kata Letkol Eko Wahyu.

Menurutnya Kampung Puja Mulia sebagai pilot project diharapkan dapat menjadi contoh bagi kampung lainnya di Bener Meriah sehingga nantinya dapat menjadi Kampung Benteng Pancasila.

"Jangan anggap kegiatan ini hanya bersifat ceremonial, bendera merah putih di mana-mana tapi jiwa dan semangat kita tidak. Untuk itu mari kita bangkitkan semangat Merah Putih dengan memaknai nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan," ujarnya.

Plt Sekda Bener Meriah Armansyah dalam hal ini mengatakan Pemkab setempat sangat menyambut baik dan siap mendukung keberadaan Kampung Benteng Pancasila tersebut yang dicanangkan oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat melalui Kodam IM dan Kodim 0119 Bener Meriah.
 
Menurutnya keberadaan Kampung Benteng Pancasila sangat bernilai strategis dalam memantapkan solidaritas serta meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan antar warga dalam kehidupan masyarakat. 

"Kita harus bangun kewaspadaan dan antisipasi dari ancaman-ancaman untuk memecah belah NKRI, baik yang datang dari luar maupun dari dalam," kata Armansyah.

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022