Sebanyak 22 jamaah haji dari Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dilaporkan sudah tiba di rumah masing-masing pada Minggu sekira pukul 09.00 Wib pagi. 

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Abdya Salman Alfarisi melalui Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Agus Suryadi mengatakan,   jamaah haji Abdya tiba di bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) pada, pukul 21.15 WIB Sabtu malam.

"Begitu sampai di Banda Aceh mereka terlebih dahulu dibawa ke asrama haji embarkasi Aceh. Disana dilakukan pemeriksaan kesehatan untuk memastikan dalam kondisi sehat," ujarnya

Ia mengatakan dari hasil tes tersebut semua jamaah haji Abdya dinyatakan  terbebas dari COVID-19 kemudian langsung diberangkatkan ke kampung halaman mereka ke Kabupaten Abdya. 

"Kepulangan jamaah ke Tanah Air disambut oleh bapak wakil Bupati Abdya, Muslizar.MT bersama istri dan juga unsur pejabat pemerintahan Pemkab Abdya. Sambutan kepulangan tamu Allah itu dilakukan di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda," katanya

Kemudian kata dia rombongan jamaah haji berangkat dari Banda Aceh ke Kabupaten Abdya dengan menggunakan empat mobil pada pukul 02:00 WIB. Rombongan tiba di masjid agung Abdya sekira Jam 09:30 WIB pagi tadi.

"Setiba di masjid agung jamaah disambut oleh Plh Kepala Kemenang Abdya Khairul Huda beserta keluarga jamaah. Keluarga jamaah kemudian bertolak ke rumah masing-masing dan alhamdulillah semua jamaah dalam kondisi sehat,"katanya

Ia mengimbau kepada seluruh jamaah yang baru saja pulang dari Tanah Suci Mekkah agar menjaga kesehatan, dengan cara memperbanyak istirahat di rumah. 

" Ini untuk menyesuaikan dengan cuaca saat ini. Dan semoga semua jamaah menjadi haji yang Mabrul dan Mabrurah," ucapnya

Pewarta: Suprian

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022