Kawanan gajah sumatra liar mengubrak-abrik perkebunan dan gubuk warga di Gampong Alue Geunteng, Kecamatan Ranto Peureulak, Kabupaten Aceh Timur.

Keuchik Alue Geunteng Jauhari di Aceh Timur, Rabu, mengatakan kawanan gajah tersebut terlihat masuk ke perkebunan warga di Dusun Gunong Putoh, Gampong Aleu Geunteng, Selasa (2/8).

"Sasaran kawanan gajah liar ini adalah tanaman sawit muda yang sudah memiliki buah pasir. Bahkan, gubuk di kebun warga juga ikut di obrak-abrik," katanya.

A Muin, warga, mengatakan sehari sebelumnya sejumlah gajah juga masuk ke kebun sawit dan ladang pertanian warga di Gampong Sri Mulya, Kecamatan Peunarun, Aceh Timur. 

"Tanaman kakao, pisang, pinangm dan karet, sawit, dan lainnya rusak diamuk kawanan gajah tersebut. Kami memperkirakan duga ada dua kelompok gajah di perkebunan warga," kata A Muin.

Menurut A Muin, kelompok gajah pertama merusak ladang warga di Gampong Sri Mulya dan kelompok kedua berada di Gampong Alue Geunteng. Jumlahnya berkisar lima hingga delapan individu gajah per kelompok.

A Muin mengatakan kawanan satwa dilindungi itu masuk perkebunan warga pada malam hari. Sedangkan di siang hari, kawanan gajah tersebut kembali ke kawasan hutan yang tidak jauh dari perkebunan warga. 

"Warga yang kebunnya menjadi sasaran amukan gajah saat ini memilih untuk tidak beraktivitas di kebun karena khawatir dengan keselamatan mereka," kata A Muin.
 

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022