Lhokseumawe (ANTARA Aceh) - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Malikussaleh, Kabupaten Aceh Utara mulai 2016 membuka jurusan Administrasi Niaga untuk menyahuti peluang usaha pada era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Dekan FISIP M Akmal di Lhokseumawe, Jumat menyebutkan, dengan dibukanya jurusan tersebut, maka FISIP memiliki enam jurusan yaitu administrasi negara, ilmu komunikasi, sosiologi, ilmu politik, dan antropologi.

Dikatakan, jurusan ini memiliki segmen khusus yaitu bagi mereka yang bergiat di bidang usaha. Penataan administrasi bisnis sangat penting di era modern ini.

Aceh, daerah yang potensial karena banyak industri yang beroperasi di sini, sebut Akmal.

Selain itu, sambungnya, dirinya telah menunjuk ketua jurusan, sekretaris jurusan dan ketua laboratorium sebagai pejabat struktural yang akan mengelola jurusan tersebut.

"Untuk dosen semuanya sudah lengkap," sebut Akmal.

Ke depan, ia mengharapkan pengelola bisnis di Aceh bisa menimba ilmu di jurusan itu.

Apalagi sambung Akmal, saat ini pertumbuhan pengusaha muda dengan kewirausahaan sangat menjanjikan di Aceh.

Sementara itu, Rektor Unimal Prof Apridar mengapresiasi dengan dibukanya jurusan tersebut.

Unimal sambung Prof Apridar ingin berkontribusi untuk menyiapkan sumber daya manusia administrasi bisnis di Aceh.

"Sehingga ke depan akan lahir orang-orang yang ahli di bidang administrasi, ahli pemasaran dan ahli mengelola bisnisnya dengan baik. Dengan begitu akan muncul lapangan kerja dan mengurai angka pengangguran di Aceh," katanya.

Penerimaan mahasiswa baru untuk jurusan administrasi bisnis akan dibuka melalui jalur Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMBPT) tahun ini pada bulan Mei hingga Juni mendatang.

"Unimal terus meningkatkan kualitas lulusan di semua jurusan. Sehingga lulusan kita mampu bersaing dengan lulusan perguruan tinggi lainnya di Indonesia," katanya Prof Apridar.
   

Pewarta: Pewarta : Mukhlis

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016