Komite Pemilihan PSSI Aceh mulai membuka pendaftaran calon ketua dan wakil serta anggota komite eksekutif organisasi mengurusi cabang olahraga sepak bola tersebut.

Ketua Komite Pemilihan PSSI Aceh Hendri Saputra di Banda Aceh, Selasa, mengatakan calon ketua dan calon wakil ketua serta anggota komite  Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Aceh akan dipilih pada  kongres Oktober mendatang.

"Pendaftaran bakal calon dibuka 15 hingga 28 Agustus 2022. Kriteria bakal calon minimal berusia 30 tahun atau kelahiran 10 Oktober 1992 ke bawah," kata Hendri Saputra.

Kriteria lainnya, memiliki pengalaman lima tahun, baik berturut-turut atau tidak dalam mengelola sepak bola di organisasi PSSI, baik provinsi maupun kabupaten kota dan klub anggota Asprov PSSI Aceh. 

Kemudian, memiliki pengetahuan tata kelola dan hukum sepak bola serta memahami, menyetujui, memiliki kemampuan, kecakapan menyukseskan dan mengembangkan program PSSI yang sejalan dengan FIFA dan AFC.

"Bakal calon juga harus aktif di organisasi sepak bola Indonesia yang dibuktikan surat dukungan atau rekomendasi anggota Asprov PSSI Provinsi Aceh ditandatangani pihak berwenang," kata Hendri Saputra.

Saat mendaftar, kata Hendri Saputra, bakal calon melampirkan daftar riwayat hidup dan menyatakan aktif lima tahun aktif di sepak bola. Serta surat keterangan dari Anggota Asprov PSSI Aceh.

"Untuk setiap pengalaman yang dicantumkan bakal calon, dinyatakan sah apabila ditandatangani basah oleh ketua atau ketua dan sekretaris, berstempel basah," kata Hendri Saputra.

Hendri Saputra menegaskan bakal calon tidak merangkap jabatan pengurus cabang olahraga lainnya. Dan ini dibuktikan dengan surat pernyataan bermeterai Rp10 ribu.

Kemudian, melampirkan fotokopi kartu tanda penduduk dengan domisili di wilayah Provinsi Aceh, surat keterangan catatan kepolisian, surat keterangan tidak pernah dipidana dari pengadilan negeri.

"Setiap bakal calon didukung minimal satu pemilik hak suara di kongres biasa Asprov PSSI Aceh. Bakal calon tidak diperbolehkan mendapatkan dukungan ganda," kata Hendri Saputra.
 

Pewarta: Muhammad HSA

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022