Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Timur menyatakan sebanyak 59.952 warga di kabupaten tersebut  sudah menerima vaksin COVID-19 dosis ketiga atau penguat.

Kepala Dinas Kesehatan Aceh Timur Sahminan, di Aceh Timur, Selasa, mengatakan sasaran masyarakat Kabupaten Aceh Timur yang harus mendapatkan vaksin COVID-19 sebanyak 198.356 orang.

"Capaian vaksinasi vaksin COVID-19 dosis ketiga sebanyak 59.952 orang. Jadi, sebanyak 138.404 warga  Aceh Timur harus mendapatkan vaksin dosis penguat," kata Sahminan.

Menurut Sahminan, masih rendahnya capaian vaksinasi vaksin COVID-19 dosis penguat karena jeda minimal enam bulan setelah vaksin dosis kedua. Kendati demikian, pihaknya optimis capaian dosis ketiga bisa memenuhi target.

Menyangkut capaian vaksinasi vaksin COVID-19 dosis kedua, Sahminan mengatakan sudah mencapai 157.757 atau 79.532 persen. Begitu juga dengan vaksinasi dosis pertama sebanyak 193.763 atau 97.684 persen.

"Kami terus mengajak masyarakat yang sudah menerima vaksinasi dosis kedua dan sudah enam bulan agar segera melakukan vaksinasi dosis penguat guna meningkatkan sistem imunitas tubuh terhadap COVID-19," kata Sahminan.

Sahminan mengatakan vaksinasi vaksin COVID-19 untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Oleh karena itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Timur terus berupaya agar masyarakat melakukan vaksinasi dosis lengkap.

Kemudian, dirinya dari Dinas Kesehatan Aceh Timur juga senantiasa mengupayakan ketersediaan vaksinnya, demi mencukupi stok yang ada saat ini dan menjaga laju vaksinasi sesuai dengan stok vaksin yang ada.

“Vaksinasi ini untuk mewujudkan kekebalan komunal guna mengakhiri pandemi COVID-19. Dengan vaksinasi serta menerapkan protokol kesehatan ketat, masyarakat akan terlindungi dari bahaya COVID-19," kata Sahminan.
 

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022